Keriting daun pada tanaman seledri merupakan hal yang lumrah terjadi, yang mana hal ini dapat mengakibatkan menurunnya hasil panen daun seledri jika tidak segera diatasi.

Keriting daun pada seledri ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena kekurangan unsur hara dan juga kekurangan air yang ditandai dengan daun keriting menggulung ke atas serta daun menebal yang menandakan bahwa daun seledri berusaha menampung banyak air di daunnya. Terlebih lagi pada tanaman seledri yang ditanam dalam pot atau polybag, dimana tanaman tersebut memiliki keterbatasan dalam memperoleh unsur hara dan air dan hanya mengandalkan pemberian air dan pupuk oleh pembudidayanya saja.

Untuk mengetahui bagaimana Cara Mengatasi Daun Keriting Pada Tanaman Seledri karena kekurangan unsur hara dan juga kekurangan air, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

  1.   Penggantian media tanam

Penggunaan media tanam seledri dalam pot atau poybag yang tidak tepat dapat mengakibatkan tanaman tidak tumbuh secara optimal, seperti kekurangan nutrisi serta kekeringan karena kemampuan media dalam menyerap air yang rendah. Maka dari itu jika tanaman seledri yang ditanam mengalami hal demikian, segeralah melakukan penggantian media tanam.

Siapkan pot atau polybag yang lebih besar dan memiliki lubang-lubang di bagian bawahnya, siapkan pula media tanam berupa campuran tanah subur gembur, arang sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1, campurkan semua bahan hingga merata, kemudian masukkan ke dalam pot atau polybag hingga setengahnya. Keluarkan tanaman seledri dari polybag lamanya beserta media tanamnya, kemudian tanam pada polybag baru dan timbun dengan media tanam yang sama hingga penuh, kemudian siram secukupnya.

  1.   Pangkas daun tua

Lakukan pemangkasan daun yang sudah tua, tujuannya untuk mengurangi penguapan di awal pertumbuhannya. Selain itu pemangkasan daun tua juga bermanfaat untuk merangsang tumbuhnya daun muda baru yang lebih sehat.

  1.   Lakukan pemupukan

Untuk mencukupi kebutuhan unsur hara, maka pemupukan mutlak untuk dilakukan. Pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK dengan cara dikocor atau disiramkan pada media tanam. Karena dengan melakukan pemupukan secara kocor, akan membuat pupuk lebih mudah dan cepat diserap oleh perakaran tanaman. Dosis pupuk NPK yang digunakan adalah 2 sendok makan per 5 liter air. Larutkan pupuk tersebut ke dalam 5 liter air dengan cara mengaduknya hingga benar-benar larut.

Setelah pupuk benar-benar larut, kocorkan atau siramkan di sekeliling pangkal tanaman seledri secara perlahan dan usahakan jangan sampai mengenai daunnya. Adapun dosis aplikasinya adalah 100-150 ml per tanaman.

Atau jika anda menanam seledri secara organik, maka pupuk yang digunakan adalah pupuk organik cair atau POC dengan kandungan NPK. Adapun cara membuat POC NPK, dosis dan cara aplikasinya siakan simak pada artikel Kampustani sebelumnya yaitu Cara Membuat POC NPK Plus.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Daun Keriting Pada Tanaman Seledri, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih seledri, pupuk, pestisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube berkebun sayur