Cara Membuat Asam Amino Untuk Tanaman

Asam amino adalah senyawa yang memiliki peran penting dalam pembentukan protein. Secara umum tanaman mampu mensintesis asam aminonya sendiri melalui bahan dasar karbon, oksigen, hidrogen dan nitrogen melalui proses biokimia yang kompleks, akan tetapi pembentukannya membutuhkan energi yang besar.

Selain dibuat oleh tanaman itu sendiri, asam amino juga dapat diperoleh dari luar dengan cara memberi pupuk asam amino pada tanaman.

Asam amino bisa kita buat sendiri dengan bahan-bahan sederhana yang dapat dengan mudah kita peroleh dan dengan cara yang mudah pula. Untuk mengetahui Cara Membuat Asam Amino Untuk Tanaman, silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

Untuk membuat 1 liter asam amino bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

  • 250 gram ikan lele
  • 250 ml susu murni atau susu cair UHT
  • 250 gram gula Jawa
  • 100 ml bakteri pengurai
  • Air secukupnya untuk membantu menghaluskan lele

Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah blender dan botol untuk penyimpanan selama proses pembuatan.

TAHAP PEMBUATAN

Cara membuat asam amino ini cukup mudah dilakukan. Pertama Haluskan ikan lele menggunakan blender, tambahkan air secukupnya untuk memudahkan dalam pemblenderan. Haluskan pula gula merah agar nantinya saat pencampuran mudah larut.

Selanjutnya campurkan ikan lele dan gula Jawa yang telah dihaluskan tambahkan susu dan tambahkan pula bakteri pengurai sesuai takaran kemudian aduk hingga merata.

Related Post

Masukkan ke dalam botol untuk proses fermentasi secara anaerob selama 1 bulan. Berikan lubang yang diberi selang kecil pada tutup botol, masukkan ujung selang ke dalam botol berisi air untuk mengeluarkan gas yang dihasilkan selama proses fermentasi.

Setelah 1 bulan fermentasi asam amino sudah jadi yang ditandai dengan tidak adanya bau busuk melainkan bau khas fermentasi.

DOSIS DAN CARA APLIKASI

Sebelum digunakan, terlebih dahulu cairkan larutan asam amino ke dalam air dengan dosis 2-3 ml per liter air dan dapat diaplikasikan pada tanaman setiap 7 hari sekali.

Penggunaan bahan-bahan tersebut di atas yaitu ikan lele, gula Jawa dan susu bukan tanpa alasan, melainkan karena bahan-bahan tersebut memiliki kandungan yang memang diperlukan. Ikan lele memiliki kandungan protein yang tinggi, mengandung natrium yang berfungsi untuk pembukaan stomata serta mengandung fosfor dan kalium yang sangat berguna untuk pertumbuhan tanaman. Berikutnya yaitu penggunaan susu karena dalam susu banyak terkandung protein, karbohidrat, zinc, fosfor kalsium dan juga asam amino. Sedangkan gula Jawa dipilih karena memiliki kandungan protein, kalsium dan zat besi. Jadi dari ketiga bahan tersebut setelah diolah akan menjadi larutan yang mengandung asam amino dan juga unsur hara makro dan mikro yang sangat berguna bagi pertumbuhan tanaman.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Asam Amino Untuk Tanaman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik, ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Dian Pertanian