Cara Membuat Asam Amino dari Daun Kelor

Asam amino adalah nutrisi yang sangat penting bagi tanaman yang langsung bisa diserap oleh tanaman. Asam amino berfungsi untuk meningkatkan fotosintesis pada tumbuhan, membantu perkembangan akar dan memperkuat daya serap dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, asam amino bisa kita buat sendiri dengan cara yang mudah dan juga dengan bahan bahan yang mudah ditemukan pula, diantaranya seperti daun kelor. Daun kelor ini mengandung 10 asam amino non esensial yang membantu menyalurkan nutrisi untuk tanaman. Namun dalam pembuatan asam amino ini selain bahan utama daun kelor perlu ditambah dengan bahan penunjang lainnya seperti telur, EM4, gula dan air. Berikut ini penjelasan mengenai Cara Membuat Asam Amino dari Daun Kelor meliputi bahan, alat yang dibutuhkan serta tahapan-tahapan pembuatannya.

BAHAN DAN ALAT

TAHAP PEMBUATAN

Pisahkan daun kelor dari batangnya masukkan 1 genggam ke dalam blender dan tambahkan air kurang lebih 1 liter, blender hingga halus.

Related Post

Haluskan 0,5 ons gula merah dengan mengiris menjadi bagian-bagian kecil, campurkan dengan daun kelor dalam blender, tambahkan pula 1 butir telur dan 1 tutup botol cairan EM4 kemudian blender kembali hingga semua bahan tercampur merata.

Masukkan ke dalam botol dan tutup rapat untuk proses fermentasi, proses fermentasi ini berlangsung selama 1 bulan.

Setelah 1 bulan asam amino dari daun kelor sudah siap digunakan untuk diaplikasikan pada tanaman. Adapun dosis pemakaiannya adalah 50 ml asam amino untuk diencerkan ke dalam 1 liter air.

Demikian ulasan mengenai cara membuat asam amino dari daun kelor, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Javanica Indonesia