Cara Menanam Kacang Kapri

Kapri merupakan tanaman semusim berupa semak yang tumbuh menjalar. Kapri adalah sejenis kacang-kacangan yang berumur pendek. Kacang kapri ini dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan dan juga banyak disukai oleh masyarakat. Nah jika Anda juga menyukainya tidak ada salahnya jika mencoba menanamnya sendiri. Dengan menanamnya sendiri tentu akan lebih menyenangkan karena dapat menikmati sayur favorit dari tanaman sendiri, lagi pula penanaman kacang kapri ini tidak begitu sulit dan tidak pula memerlukan keahlian khusus namun ketelatenan dalam budidayanya tetap diperlukan. Untuk mengetahui cara menanam kacang kapri, silakan simak penjelasannya berikut ini.

PERSIAPAN BENIH

Sebelum memulai menanam kacang kapri, hal penting yang harus dilakukan adalah memilih benih berkualitas unggul, karena benih unggul memiliki daya tumbuh yang tinggi serta ketahanan yang baik terhadap serangan hama dan penyakit, sehingga keberhasilan budidayanya lebih tinggi.

Benih kacang kapri berkualitas saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian seperti SentraTani.com, atau jika ingin membuat benih sendiri, pilihlah buah kapri yang benar-benar sudah tua, berasal dari tanaman yang sehat dan memiliki buah yang lebat dan produktivitasnya tinggi untuk diambil bijinya. Jemur biji di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Setelah kering rendam benih dalam air, pilihlah hanya benih yang tenggelam saja karena itu benih yang bagus, dan buang benih yang terapung.

PERSIAPAN LAHAN DAN PENANAMAN

Tahap penanaman bibit kacang kapri diawali dengan pengolahan lahan, gemburkan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak. Buat bedengan dengan lebar 75 cm tinggi 25 cm dan panjangnya menyesuaikan lahan.

Tambahkan pupuk dasar berupa pupuk kandang, aduk hingga merata kemudian rapikan kembali permukaan bedengan. Sebelum dilakukan penanaman, terlebih dahulu diamkan lahan selama 1 minggu.

Buat lubang tanam pada bedengan sedalam 4 cm dengan jarak dalam barisan 10 cm dan jarak antar barisan adalah 45 cm. Masukkan 3 benih/biji kapri pada setiap lubang kemudian tutup menggunakan tanah, tipis saja.

Related Post

PERAWATAN

Perawatan tanaman kacang kapri hampir sama dengan perawatan tanaman sayuran pada umumnya, diantaranya adalah pemupukan, penyiraman, pemasangan ajir, penyiangan gulma serta pengendalian hama penyakit.

  1.   Pemupukan

Tanaman kapri membutuhkan pupuk agar dapat tumbuh dengan baik, baik itu pupuk dasar ataupun pupuk susulan. Pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang dan juga bisa menggunakan pupuk anorganik.

  1.   Penyiraman

Penyiraman pada tanaman kapri sangat perlu dilakukan, penyiraman yang baik dilakukan 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari, tujuannya adalah agar tanaman tidak kekurangan air dan dapat tumbuh dengan baik.

  1.   Pemasangan ajir

Ajir merupakan alat yang digunakan untuk tempat merambat tanaman kapri, pemasangan ajir ini dilakukan pada saat panjang tanaman mencapai 12 cm. Ajir yang dipakai adalah berupa belahan bambu dengan panjang sekitar 150 cm. Cara pemasangannya adalah dengan menancapkan ajir disamping tanaman kapri, dan setiap tanaman dipasangi 1 buah ajir, dengan demikian tanaman kapri akan tumbuh dengan baik dan tidak berserakan.

  1.   Penyiangan gulma

Gulma adalah rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman dan lingkungan tanaman yang jika keberadaannya dibiarkan dapat menyebabkan hama berdatangan. Maka dari itu penyiangan atau pembersihan gulma/rumput liar perlu dilakukan.

  1.   Pengendalian hama penyakit

Keberadaan hama penyakit pada tanaman sangat merugikan karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman yang dapat berakibat menurunnya hasil produksi, dan bahkan jika tidak segera dilakukan penanganan dapat berakibat fatal yaitu gagalnya panen. Pengendalian hama penyakit ini harus dilakukan sejak dini dengan cara melakukan sanitasi lahan dan mengaplikasikan pestisida, baik itu insektisida untuk serangga atau hama dan fungisida untuk penyakit akibat jamur. Adapun dosis dan cara penggunaannya sesuaikan saja dengan saran yang tertera pada label kemasan dan sesuaikan pula dengan jasad sasaran.

Demikian ulasan mengenai cara menanam kacang kapri, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih kacang kapri ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.