Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Urin Kambing

Pupuk organik cair atau POC dapat dibuat dari berbagai macam bahan organik yang mudah kita dapatkan dan tersedia disekitar kita, diantara bahan organik tersebut adalah urin kambing.

Dalam pembuatan pupuk organik cair ini, urin kambing yang memiliki kandungan nitrogen tinggi dikombinasikan dengan bahan-bahan penunjang lainnya sehingga POC yang dihasilkan dapat memberikan manfaat lebih bagi tanaman.

Nah tanpa perlu panjang lebar, bagaimana Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Urin Kambing, meliputi alat, bahan, tahapan pembuatan serta dosis dan cara aplikasinya? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

BAHAN-BAHAN

  • 10 liter urin kambing
  • Starter seperti MOL tape atau MOL buah
  • Gula atau molase sebagai sumber energi bagi mikroba
  • Asam amino sebagai tambahan unsur hara yang sangat bagus untuk membantu proses fotosintesis
  • Nanas yang telah diblender, nanas mengandung hormon pertumbuhan dan juga untuk membantu mempercepat proses fermentasi
  • Empon empon yang terdiri dari serai, jahe, lengkuas dan temulawak yang telah dihaluskan yang berfungsi sebagai anti bakteri dan juga untuk menetralisir bau urin dan bisa digunakan sebagai pestisida nabati
  • Air leri atau air cucian beras sebagai sumber vitamin B1 yang sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman

TAHAP PEMBUATAN

Tuangkan 10 liter urin kambing ke dalam ember kapasitas 20 liter, tambahkan 250 ml molase atau gula, setelah itu tambahkan starter seperti MOL tape atau bisa juga menggunakan MOL buah sebanyak 500 ml.

Tambahkan pula nanas yang telah diblender sebanyak 1 liter, tambahkan asam amino sebanyak 1 liter, tambakan pula empon-empon yang sudah dihaluskan. Terakhir tambahkan air leri atau air cucian beras sambil diaduk. Aduk semua bahan hingga merata, dan pada saat pengadukan ini akan muncul banyak busa yang menandakan pupuk organik cair yang kita buat benar-benar berkualitas.

Tutup dan diamkan selama 7 hari untuk proses fermentasi, selama proses fermentasi lakukan pengadukan setiap hari agar hasilnya optimal dan sesuai harapan. Dan agar lebih simpel dan mempercepat proses fermentasi dapat menggunakan aerator.

Related Post

Setelah 7 hari POC dari urin kambing sudah jadi yang ditandai dengan bau urin yang sudah berkurang dan dapat diaplikasikan pada tanaman atau disimpan.

Cara penyimpanannya yaitu dengan dimasukkan ke dalam botol kemudian tutup rapat namun berikan lubang kecil pada tutupnya agar botol tidak menggelembung.

DOSIS DAN CARA APLIKASI

Larutkan 100-200 ml POC urin kambing ke dalam 10 liter air dan tambahkan pula molase atau gula sebanyak 5-10 ml, aduk hingga merata.

Cara aplikasinya adalah dikocorkan pada tanaman dengan dosis 100-200 ml per tanaman dengan interval 3 hari sekali. Bisa juga diaplikasikan dengan disemprotkan pada tanaman sebagai pestisida nabati dan mempercepat proses fotosintesis. 

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Urin Kambing, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik, ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Cara Bertani Organik