Pemupukan Tanaman Pisang Secara Organik

Poin penting dalam budidaya tanaman pisang selain proses penanaman yang benar  juga diperlukan perawatan, seperti pengairan/penyiraman, sanitasi kebun, pengendalian hama penyakit, pemupukan serta pemangkas anakan dan daun yang tidak dibutuhkan.

Salah satu poin penting yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah cara memupuk pisang yang baik dan benar agar tanaman pisang bisa tumbuh dan berproduksi secara optimal serta buah yang berkualitas dengan menggunakan pupuk organik.

Pemupukan tanaman pisang secara organik dilakukan dengan mengkombinasikan dua jenis pupuk yaitu pupuk organik padat dan pupuk organik cair (POC). Penggunaan kedua pupuk ini yaitu pupuk padat dan cair karena reaksi dari pupuk organik padat membutuhkan waktu lama yaitu sekitar 1 minggu, sedangkan pupuk cair akan lebih mudah diserap oleh tanaman akan tetapi dalam 1 minggu sudah habis, sehingga kedua pupuk tersebut bisa saling melengkapi satu sama lain.

Adapun dosis untuk setiap rumpun tanaman pisang dan cara aplikasinya adalah sebagai berikut:

  • Untuk pupuk organik padat pupuk yang digunakan adalah 15 kg pupuk kompos/pupuk kandang, tambahkan trichoderma sp 200 gram, campurkan hingga merata.
  • Sedangkan untuk pupuk organik cair (POC) dosis per rumpunnya adalah 300 ml, untuk dilarutkan dengan 7 liter air, dan tambahkan pula 250 gram kapur dolomit, kemudian dicampurkan dengan mengaduknya hingga merata.

Setelah semua pupuk siap, tahapan berikutnya adalah membuat lubang pupuk. Buat lubang melingkari rumpun tanaman pisang berjarak 50-70 cm dari rumpun dengan kedalaman 10-15 cm.

Untuk aplikasi pupuk, langkah pertama siramkan POC pada lubang pupuk secara melingkar dan merata. Kemudian taburkan pupuk organik padat melingkar pada lubang yang sudah dibuat, selanjutnya tutup dengan tanah agar pupuk yang diberikan tidak terkena sinar matahari langsung.

Related Post

Aplikasi pupuk ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 7 atau sore hari setelah pukul 4.

Pemupukan dalam budidaya pisang ini dilakukan setiap 3 bulan sekali atau 4 kali dalam satu tahun.

Pemupukan tanaman pisang dengan menggunakan pupuk organik selain lebih sehat dan ramah lingkungan, juga lebih hemat biaya karena pupuk organik baik itu padat atau cair dapat kita buat sendiri dengan bahan dan peralatan sederhana yang tersedia di sekitar kita dan dengan cara yang mudah pula. Untuk mengetahui cara membuat pupuk organik baik itu padat atau cair secara lengkap bisa Anda buka pada artikel-artikel Kampus Tani sebelumnya.

Demikian ulasan mengenai cara Pemupukan Tanaman Pisang Secara Organik, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Husain_Uche