Cara Membasmi Rumput Pada Tanaman Padi

Dalam budidaya tanaman padi, rumput biasanya akan ikut tumbuh subur bersamaan dengan tumbuhnya padi. Rumput ini secara langsung bersaing dengan tanaman padi untuk mendapatkan air, unsur hara, cahaya dan sebagainya.

Selain itu kerugian yang disebabkan oleh tumbuhnya rumput pada pertanaman padi adalah kenaikan biaya produksi karena menambah tenaga dan waktu dalam pengerjaan pembasmian rumput tersebut.

Tumbuhnya rumput pada area pertanaman padi ini tentunya akan sangat mengganggu pertumbuhan padi tersebut, sehingga apabila tidak segera ditanggulangi maka akan berdampak pada rendahnya kualitas hasil tanaman padi. Untuk mengetahui bagaimana Cara Membasmi Rumput Pada Tanaman Padi secara lengkap, silakan simak penjelasannya berikut ini.

Untuk mengatasi rumput pada tanaman padi salah satunya dapat dilakukan dengan pengaplikasian herbisida. Karena jika pembersihan rumput dilakukan secara manual tentunya akan membutuhkan banyak waktu, tenaga serta biaya.

Jika muncul pertanyaan, apakah penggunaan herbisida itu aman bagi tanaman padi? Maka jawabannya adalah sangat aman karena herbisida yang digunakan adalah herbisida selektif sehingga tanaman padi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik namun rumput-rumput di sela-selanya akan mati.

JENIS HERBISIDA DAN DOSISNYA

Herbisida yang cukup ampuh untuk mengatasi gulma pada tanaman padi adalah herbisida sistemik selektif dengan bahan aktif natrium bispiribak 400 g/l, seperti misalnya merek dagang TABAS 400 SC. Herbisida selektif ini bekerja membasmi rumput/gulma di sela-sela tanaman padi, tanpa ada efek samping pada padinya, sehingga penggunaan herbisida ini dapat mengurangi biaya produksi tanam, karena memang saat ini tenaga kerja semakin sulit dan mahal.

Untuk dosis penggunaannya adalah 1-1,5 ml/liter atau 20 ml untuk satu tangki kapasitas 15 liter atau sesuaikan saja dengan yang tertera pada label kemasan produk.

Related Post

CARA DAN WAKTU APLIKASI

Adapun cara aplikasinya adalah dengan menyemprotkannya disela-sela tanaman padi bagian bawah dengan penyemprotan volume tinggi langsung ke arah rumput.

Yang perlu diperhatikan bahwa sebelum penyemprotan herbisida, usahakan untuk mengurangi genangan air pada tanaman padi hingga tersisa ketinggian air di bawah 1 cm saja agar herbisida yang akan disemprotkan dapat berkontak langsung dan terserap oleh rumput/gulma tanpa terhalang genangan air.

Adapun waktu aplikasi herbisida yang terbaik untuk membasmi gulma pada tanaman padi adalah saat tanaman padi berusia 15-21 HST dan daunnya sudah mulai mekar antara 2-5 helai, dimana pada saat itu rumput/gulma sedang dalam masa aktif tumbuh.

Setelah 2 hari dari penyemprotan rumput-rumput di sela-sela tanaman padi sudah mulai layu dan menguning, dan beberapa hari berikutnya akan mengering dan mati.

Demikian ulasan mengenai Cara Membasmi Rumput Pada Tanaman Padi, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli herbisida, benih padi ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Husain_Uche