Fase generatif atau fase reproduktif terjadi pada pembentukan dan perkembangan kuncup-kuncup bunga, bunga, buah dan biji. Dapat juga terjadi pada pembesaran dan pendewasaan struktur penyimpanan makanan, akar-akar dan batang yang berdaging.

Kondisi cuaca yang berubah-ubah dan tidak menantu pada saat proses pembungaan anggur dapat mempengaruhi kerontokan bunga, kekurangan nutrisi pada saat perkembangan bunga juga dapat menyebabkan terjadinya kerontokan. Oleh karena itu pemberian nutrisi mutlak diberikan terutama unsur kalium yang tinggi agar bunga lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Selain untuk mencegah kerontokan bunga Pemupukan Tanaman Anggur Fase Generatif juga berfungsi agar proses pembuahan dapat optimal.

Untuk pemupukan tanaman anggur fase generatif ini pupuk apa saja yang diberikan, berapa dosisnya dan bagaimana cara aplikasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

JENIS DAN DOSIS PUPUK

  • Pupuk KNO3 Putih dengan kandungan kalium yang tinggi yaitu K2O 45% dengan dosis 2-5 gr per liter air.
  • Pupuk Magnesium sulfat dengan dosis 2 gr per liter air.
  • Pupuk merek dagang Manohara dengan kandungan kalsium dan boron yang tinggi dengan dosis 10-15 gram per liter air.

Dosis pupuk tersebut dihitung per liter air karena aplikasi pupuk dilakukan dengan cara dikocor.

CARA DAN DOSIS APLIKASI PUPUK

Sebagaimana disebutkan diatas bahwa pemupukan tanaman anggur fase generatif ini diaplikasikan dengan cara dikocor atau disiramkan di sekitar pangkal tanaman, pemupukan dengan cara dikocor, akan membuat pupuk lebih mudah dan cepat diserap oleh perakaran tanaman.

Setelah semua pupuk siap, larutkan semua pupuk tersebut ke dalam air sesuai dosis dan sesuaikan pula dengan usia serta ukuran tanaman. Misal untuk tanaman anggur berusia 1 tahun lebih yang tumbuh subur dapat diberi pupuk yang dilarutkan dengan 5 liter air, yang berarti 5 kali dosis yang tersebut di atas.

Setelah pupuk benar-benar larut, kocorkan atau siramkan di sekeliling pangkal tanaman secara perlahan. Agar pupuk mudah meresap terlebih dahulu gemburkan lahan di sekitar pangkal tanaman untuk membuat pori-pori resapan.

Pemupukan ini dilakukan pada pagi atau sore hari dengan interval pemberian setiap 2 minggu sekali hingga memasuki proses pembesaran atau pemasakan buah.

Demikian ulasan mengenai Pemupukan Tanaman Anggur Fase Generatif, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman anggur, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN