Dalam budidaya tanaman anggur, pupuk memiliki peranan yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi atau unsur hara agar tanaman dapat tumbuh, berkembang dan berproduksi secara optimal. Terlebih lagi jika tanaman anggur yang ditanam pada pot dimana akar tanaman memiliki keterbatasan dalam mendapatkan unsur hara. Maka dari itu untuk mencukupi kebutuhan unsur hara tanaman anggur dalam pot pemupukan harus rutin dilakukan.

Pemupukan Tanaman Anggur dalam Pot harus dilakukan dengan tepat, baik itu tepat jenis pupuk, tepat dosis, tepat waktu dan tepat cara aplikasinya, untuk itu silakan simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

Pemupukan tanaman anggur dalam pot jika dilihat dari waktu pemberiannya dibagi menjadi 2, yaitu bulanan dan mingguan. Dari kedua waktu pemberian tersebut memiliki perbedaan dalam jenis dan dosis pupuknya.

PEMUPUKAN BULANAN

Pemupukan bulanan tanaman anggur dalam pot dilakukan setiap 1 bulan sekali, adapun pupuk yang diberikan adalah pupuk NPK ( nitrogen, phosphate, kalium). Pemberian pupuk NPK ini dimulai sejak tanaman anggur dalam pot berumur 0 hari atau sejak penanaman hingga beberapa bulan sampai tanaman siap dilakukan pemangkasan untuk merangsang pembungaan atau saat tanaman memasuki fase generatif.

Setelah tanaman memasuki fase generatif, pupuk yang diberikan bukan lagi NPK melainkan P (phosphate) dan K (kalium) saja, pupuk P dapat diperoleh dari pupuk TSP atau MAP, sedangkan pupuk K bisa diperoleh dari pupuk KNO atau KCL atau agar lebih ringkas, pupuk P dan K dapat diperoleh menggunakan pupuk MKP (mono kalium phosphate).

Cara aplikasi pupuk NPK dilakukan dengan cara ditabur, teknisnya adalah terlebih dahulu menyiram media tanam dalam pot yang akan dipupuk, taburkan pupuk NPK di sekeliling pangkal tanaman dengan dosis 2 sendok makan per tanaman per pot kemudian tutup kembali menggunakan media tanam yang sama.

Sedangkan cara aplikasi pupuk MKP dilakukan dengan cara dikocor atau disiramkan ke media tanam dalam pot. Teknisnya adalah terlebih dahulu menimbun akar-akar tanaman yang mungkin tampak di permukaan media menggunakan media berupa kompos dan arang sekam, tipis saja. Larutkan 1 sendok teh pupuk MKP ke dalam 2 liter air, kemudian siramkan secara merata pada media tanam dalam pot.

PEMUPUKAN MINGGUAN

Pemupukan mingguan tanaman anggur dalam pot dilakukan setiap 1 minggu sekali, adapun pupuk yang diberikan adalah POC atau pupuk organik cair. Pupuk organik cair dapat dibuat sendiri dengan cara yang sangat mudah dan dengan bahan-bahan yang murah bahkan gratis dan tersedia di sekitar anda. Untuk mengetahui cara membuat POC, silakan baca artikel KampusTani sebelumnya yang memuat berbagai cara dengan masing-masing bahan untuk membuat POC. Akan tetapi jika anda tidak ingin repot POC dapat dibeli di SentraTani.com.

Cara aplikasi POC dilakukan dengan cara dikocor atau disiramkan ke media tanam dalam pot. Dosis POC untuk setiap pot adalah 200-240 ml untuk dicampurkan dengan 1,5 liter air. Siramkan POC secara perlahan pada media dalam pot hingga merata.

Demikian ulasan mengenai cara Pemupukan Tanaman Anggur dalam Pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit anggur, pupuk maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Tabulampot Fruit