Pada artikel sebelumnya telah kita ulas mengenai Pemupukan Tanaman Anggur Fase Generatif yang pertama, dimana fokus pemupukan adalah agar pertumbuhan pembungaan berjalan dengan optimal dan tidak mudah rontok.

Sedangkan pada artikel kali ini akan kita ulas mengenai pemupukan lanjutan yaitu Pemupukan Tanaman Anggur Fase Generatif Kedua dimana tanaman anggur memasuki masa pembesaran buah, yang meliputi jenis pupuk, dosis, waktu dan cara aplikasinya agar buah yang dihasilkan dapat tumbuh secara optimal.

Untuk pemupukan tanaman anggur fase generatif ini pupuk apa saja yang diberikan, berapa dosisnya dan bagaimana cara aplikasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

JENIS DAN DOSIS PUPUK

  • Pupuk NPK 16:16:16 yang merupakan unsur hara makro primer yang sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman dengan dosis 1 sendok makan per liter air.
  • Pupuk merek dagang Manohara dengan kandungan kalsium 95,92% dan boron 1,21% dan beberapa unsur-unsur makro lainnya seperti magnesium, Zn dan silica. Adapun dosisnya adalah 1 sendok makan per liter air.

Dosis pupuk tersebut dihitung per liter air karena aplikasi pupuk dilakukan dengan cara dikocor.

CARA DAN DOSIS APLIKASI PUPUK

Sebagaimana disebutkan diatas bahwa pemupukan tanaman anggur fase generatif ini diaplikasikan dengan cara dikocor atau disiramkan di sekitar pangkal tanaman. Pemupukan dengan cara dikocor, akan membuat pupuk lebih mudah dan cepat diserap oleh perakaran tanaman.

Setelah semua pupuk siap, larutkan semua pupuk tersebut ke dalam air sesuai dosis dan sesuaikan pula dengan usia serta ukuran tanaman. Misal untuk tanaman anggur berusia 1 tahun lebih yang tumbuh subur dapat diberi pupuk yang dilarutkan dengan 5 liter air, yang berarti 5 kali dosis yang tersebut di atas.

Setelah pupuk benar-benar larut, kocorkan atau siramkan di sekeliling pangkal tanaman secara perlahan. Agar pupuk mudah meresap terlebih dahulu gemburkan lahan di sekitar pangkal tanaman untuk membuat pori-pori resapan beserta pembersihan gulma atau rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman.

Pemupukan ini dilakukan pada pagi atau sore hari dengan interval pemberian setiap 2-3 minggu sekali hingga buah siap dipanen.

Selain pemupukan, agar buah anggur tumbuh dapat optimal dan memiliki ukuran yang seragam lakukan penyortiran buah anggur, caranya adalah dengan memangkas buah yang berukuran kecil.

Demikian ulasan mengenai Pemupukan Tanaman Anggur Fase Generatif Kedua, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman anggur, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN