Bibit tanaman cabe merupakan salah satu diantara faktor penentu keberhasilan dalam budidayanya. Bibit tanaman cabe yang subur, sehat dan pertumbuhannya baik tentunya akan memiliki potensi keberhasilan budidaya yang lebih tinggi.

Maka dari itu untuk mendapatkan bibit yang subur, sehat dan pertumbuhannya baik proses penyemaian harus dilakukan dengan baik, salah satunya adalah dengan melakukan pemupukan berkala selama masa persemaian.  

Untuk mengetahui cara pemupukan pada persemaian cabe meliputi jenis pupuk, dosis, waktu dan cara aplikasinya silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

JENIS PUPUK

Pupuk yang digunakan pada persemaian cabe adalah pupuk NPK Mutiara daun 20:10:10 dengan kandungan N yang lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan P dan K. Sehingga pupuk ini sangat bagus untuk pertumbuhan awal tanaman.

DOSIS, CARA APLIKASI DAN WAKTU PEMUPUKAN

Pemupukan pada persemaian cabe dilakukan dengan cara dikocor atau disiramkan, maka dari itu dosis takarannya disesuaikan dengan air yang akan digunakan untuk melarutkan pupuk. Selain itu dosis pupuk juga disesuaikan dengan usia bibit tanaman cabe dalam persemaian.

Waktu untuk melakukan pemupukan dimulai sejak bibit berusia 6 hari dari penyemaian dan dilakukan dengan interval 6 hari sekali. Selama masa penyemaian pemupukan dilakukan sebanyak 3 kali.

  • Pemupukan pertama yaitu pada usia bibit 6 hari setelah semai, dosis pupuknya adalah 1 sendok makan untuk dilarutkan dengan 10 liter air.
  • Pemupukan kedua yaitu pada usia bibit 12 hari setelah semai, dosis pupuknya adalah 2 sendok makan untuk dilarutkan dengan 10 liter air.
  • Sedangkan untuk pemupukan ke 3 yaitu pada usia bibit 18 hari setelah semai, dosis pupuknya adalah 3 sendok makan untuk dilarutkan dengan 10 liter air.

Larutkan pupuk ke dalam air sesuai dosis, aduk hingga benar-benar larut kemudian kocorkan atau siramkan pada persemaian benih secara merata, agar memudahkan dalam pengocoran pupuk dan lebih merata, sebaiknya pengocoran tersebut dilakukan menggunakan gembor.

Dan setelah pemupukan ke 3 atau setelah bibit berusia 21-25 hari setelah semai, bibit cabe hasil penyemaian benih siap untuk ditanam.

Demikian ulasan mengenai cara pemupukan pada persemaian cabe, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk, benih cabe berbagai jenis ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Safeea Official