Obat Lalat Buah Gambas

Salah satu hama yang biasa menyerang tanaman gambas adalah lalat buah. Serangan hama ini cukup merugikan karena jika tidak segera dikendalikan akan mengakibatkan gagal panen.

Untuk mengatasi lalat buah pada pertanaman gambas diantaranya dapat menggunakan obat yang mana dalam hal ini adalah insektisida. Nah apa jenis insektisida atau obat lalat buah gambas yang efektif? Berikut ini penjelasannya.

Lalat buah adalah serangga yang tidak hanya menyerang buah-buahan bahkan sayuran termasuk gambas. Lalat buah berwarna kuning kecoklatan dan tubuhnya mirip dengan lebah. Lalat buah yang menyerang gambas adalah lalat buah dewasa yang berjenis kelamin betina, sedangkan lalat buah jantan sama sekali tidak mengganggu tanaman. 

Lalat buah betina dewasa ketika memasuki masa reproduksi akan menyimpan telur-telurnya di dalam gambas dengan cara menusuknya. Telur-telur tersebut dalam beberapa hari akan menetas dan menjadi larva berbentuk seperti ulat-ulat kecil berwarna putih. Larva lalat buah akan bertahan hidup di dalam buah inangnya dengan memakan daging buah sampai menjadi lalat buah dewasa. Akibatnya gambas akan membusuk dan rontok sehingga hasil panennya tidak optimal.

Untuk mengatasi serangga lalat buah, insektisida yang dapat digunakan diantaranya adalah insektisida kontak dan lambung dengan bahan aktif lamda sihalotrin seperti merek dagang Matador. Adapun dosisnya adalah 1,5 tutup botol untuk tangki kapasitas 15 liter atau sesuaikan saja dengan dosis yang tertera pada label kemasan.

Related Post

Dan agar lebih efektif, menghemat tenaga dan waktu, bersamaan dengan penyemprotan insektisida ini sekaligus juga ditambahkan fungisida dan pupuk daun perangsang pertumbuhan bunga dan buah.

Fungisida yang diberikan adalah fungisida dengan bahan aktif propineb seperti merek dagang Antracol dengan dosis 2 sendok makan per tangki 15 liter. Sedangkan untuk pupuk daun perangsang bunga dan buah pupuk yang digunakan adalah Gandasil B dengan dosis 0,5 sendok makan per tangki 15 liter. Tambahkan pula perekat pestisida agar bahan yang disemprotkan dapat memberikan manfaat yang optimal karena dengan perekat ini insektisida dan bahan lain yang disemprotkan tidak mudah tercuci oleh air hujan.

Penyemprotan ini dilakukan pada pagi atau sore hari secara rutin dengan interval penyemprotan 2 hari sekali, sedangkan saat musim hujan dilakukan 1 hari sekali. Penyemprotan ini dilakukan setelah tanaman gambas mulai berbunga.

Demikian ulasan mengenai obat lalat buah gambas, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih gambas, insektisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com 

Referensi: Channel Youtube Sambo Tani Manik