Cara Menanam Jagung Manis Bonanza

Untuk memperoleh hasil yang optimal, jagung manis Bonanza harus dibudidayakan dengan sungguh-sungguh dan tentunya dengan cara yang baik dan benar.

Bagaimana Cara Menanam Jagung Manis Bonanza yang baik dan benar? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

PERSIAPAN LAHAN

Gemburkan lahan dengan dibajak atau dicangkul. Buat bedengan dengan lebar 75-100 cm, tinggi 30-40 cm dan jarak antar bedengan 60 cm, panjang bedengan sesuaikan dengan kondisi lahan yang tersedia.

Berikan kapur pertanian/dolomit, pupuk organik atau pupuk kandang pada bedengan tersebut, kemudian tutup bedengan dengan tanah secara merata dan rapikan kembali permukaan bedengan tersebut.

Diamkan lahan selama 1-2 minggu sebelum melakukan penanaman.

PERSIAPAN BENIH

Pemilihan benih berperan penting dalam menunjang keberhasilan budidayanya. Maka dari itu pilihlah benih jagung manis berkualitas unggul, karena benih unggul memiliki daya tumbuh yang tinggi serta ketahanan yang baik terhadap serangan hama dan penyakit.

Benih jagung manis berkualitas unggul yang dapat dipilih salah satunya adalah merek dagang Bonanza, benih ini sangat mudah didapatkan di toko-toko pertanian di sekitar anda atau bisa juga dibeli di SentraTani.com.

PENANAMAN

Penanaman dilakukan dengan membuat lubang tanam dengan kedalaman 2-3 cm, jarak tanam dalam baris 40 cm sedangkan jarak tanam antar barisnya 60 cm, dengan cara ditugal dan memasukkan benih ke dalam lubang tanam masing-masing 2 biji kemudian ditutup dengan tanah disekitar lubang tanam.

Dalam 1 bedengan dapat ditanami dengan 2 baris tanaman.

PEMELIHARAAN

  •   Pemupukan

Pemupukan penting untuk dilakukan agar tanaman jagung manis bisa tumbuh dan berproduksi secara optimal.

Berikut ini adalah waktu, dosis dan cara aplikasi pemupukan yang dipergunakan dalam teknik budidaya jagung manis: 

Pada usia tanaman 15 HST pupuk yang diberikan adalah Urea 10 g/tanaman dan SP-36 5g/tanaman, pupuk ini diberikan dengan cara ditugal.

Pada usia tanaman 35 HST pupuk yang diberikan adalah NPK 15 g/tanaman, pupuk ini diberikan dengan cara ditugal.

Untuk memudahkan pengukuran, takaran 10 gram setara dengan 1 sendok makan.

  •   Penyulaman

Penyulaman atau penanaman kembali ini bertujuan untuk mengganti benih yang tidak tumbuh/mati, dilakukan 7-10 hari setelah tanam. Oleh karena itu dianjurkan menyiapkan lahan khusus untuk persiapan penyulaman minimal 20% dari jumlah benih yang ditanam.

  •   Pembumbunan

Pembumbunan dilakukan untuk memperkokoh posisi batang agar tanaman tidak mudah rebah dan menutup akar yang bermunculan di atas permukaan tanah karena adanya aerasi. Pembumbunan ini dilakukan bersamaan dengan waktu pemupukan. Tanah di sebelah kanan dan kiri barisan tanaman diuruk dengan cangkul, kemudian ditimbun di barisan tanaman. Dengan cara ini akan terbentuk guludan yang memanjang. 

PEMANENAN

Jagung manis dapat dipanen ketika rambut pada buah telah tampak kering. Biasanya terdapat perbedaan usia panen yang dipengaruhi oleh topografi, iklim dan cuaca. Usia panen biasanya berkisar antara 65 – 70 HST.

Demikian ulasan mengenai cara Cara Menanam Jagung Manis Bonanza, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih jagung manis Bonanza ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Sambo Tani Manik