Media Tanam Buah Naga Dalam Pot

Untuk mendapatkan tanaman buah naga dalam pot yang subur dengan pertumbuhan serta produktivitas yang baik salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah media  tanam yang baik dan tepat, mengingat unsur hara yang disediakan untuk tanaman terbatas hanya dalam pot saja berbeda dengan tanaman buah naga yang ditanam langsung di lahan.

Maka dari itu agar tanaman buah naga yang ditanam dapat tumbuh secara optimal, media tanam yang digunakan harus memenuhi syarat media tanam yang baik, diantaranya adalah, teksturnya gembur dan porous (dapat ditembus air), kaya akan bahan organik, tidak mengandung bibit penyakit, memiliki pH atau derajat keasaman tanah yang netral yaitu 6-7.

Adapun cara membuat Media Tanam Buah naga dalam Pot agar tanaman buah naga tersebut tercukupi kebutuhan unsur haranya serta dapat tumbuh, berkembang dan berproduksi secara optimal adalah sebagai berikut.

BAHAN MEDIA TANAM

Bahan utama dalam pembuatan media tanam buah naga dalam pot paling tidak terdiri dari 4 bahan, yaitu tanah, pupuk kandang, arang sekam dan pasir, berikut ini masing-masing penjelasan dari bahan-bahan tersebut.

Tanah

Gunakanlah tanah yang subur dan gembur, tanah yang baik untuk digunakan sebagai media tanam diantaranya adalah tanah lapisan atas atau top soil. Top soil yang sering disebut dengan humus merupakan lapisan tanah paling atas dengan ketebalan antara 10 – 30 cm, memiliki sifat yang sangat subur karena terbentuk dari campuran bahan-bahan organik alami ditambah dengan mineral dari pelapukan batuan.

Pupuk kandang/kompos

Pupuk kandang yang digunakan haruslah pupuk kandang yang telah jadi atau melalui proses fermentasi baik itu fermentasi secara alami atau dengan bantuan manusia, bukan pupuk kandang atau kotoran hewan yang masih baru. Pupuk kandang ini dapat dibuat dari kotoran sapi, ayam atau kambing. Pupuk kandang ini mengandung unsur-unsur hara yang sangat dibutuhkan tanaman seperti nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium dan belerang

Cocopeat atau Arang sekam

Related Post

Bahan selanjutnya adalah cocopeat atau sabut kelapa yang dihaluskan. selain itu bisa juga menggunakan arang sekam. Arang sekam ini memiliki porositas yang tinggi dan cenderung ringan sehingga mampu menjaga kondisi media tanam tetap gembur, mampu meningkatkan daya serap dan daya ikat tanah terhadap air, tidak mudah lapuk sehingga tidak mudah ditumbuhi jamur atau cendawan yang dapat merugikan tanaman, sekam bakar memiliki kandungan silika 16%, unsur silika ini sangat dibutuhkan untuk memperbaiki sifat fisik tanaman sehingga tanaman menjadi kuat dan kokoh.

TAHAP PEMBUATAN

Campurkan semua bahan tersebut diatas dengan perbandingan antara tanah, pupuk kandang dan arang sekam yaitu 2:1:1. Campurkan semua bahan dengan mengaduknya hingga benar-benar tercampur merata.

Nah media tanam yang telah dibuat sebagaimana tersebut diatas merupakan media tanam yang baik untuk menanam tanaman buah dalam pot. Namun khusus untuk tanaman buah naga, dari media tanam tersebut di atas harus ditambah dengan pasir. Adapun perbandingan antara media tanam tersebut diatas dengan pasir adalah 4:3.

Pasir ini wajib ditambahkan pada media tanam untuk buah naga dalam pot karena sebagaimana kita ketahui bahwa tanaman buah naga berasal dari daerah gurun yang tandus, dan bukan merupakan tanaman yang memerlukan air lebih atau bisa dikatakan tanaman yang tahan air. Jadi penggunaan pasir dalam media tanam ini supaya media tanamnya menyerupai dengan kondisi gurun pasir.

Selain itu pasir juga berfungsi untuk menambah kegemburan dan keremahan tanah, mengingat tanaman buah naga tidak menginginkan media tanam yang padat melainkan media yang benar-benar gembur dan tidak becek dan tentunya mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Aduk kembali semua media tersebut hingga tercampur merata, dan media tanam buah naga dalam pot siap untuk digunakan.

Demikian ulasan mengenai cara membuat Media Tanam Buah Naga dalam Pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman buah naga, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube saipul annuar,sp