Perawatan Buah Naga dalam Pot

Tanaman buah naga terutama yang ditanam dalam pot memerlukan perawatan rutin dan konsisten agar dapat tubuh dengan baik. Tanpa perawatan, mustahil tanaman buah naga tersebut dapat tumbuh dan berproduksi atau berbuah secara optimal.

Perawatan tanaman buah naga dalam pot meliputi pengikatan, pemangkasan, pengendalian OPT dan pemupukan.

Untuk mengetahui cara perawatan buah naga dalam pot secara lengkap, silakan simak penjelasannya berikut ini.

PENGIKATAN

Pengikatan pada tanaman buah naga ini dilakukan sejak bibit tanaman ditanam pada pot, pengikatan dilakukan pada tiang panjat yang biasanya ditancapkan di tengah-tengah pot sebagai media untuk merambat dan menopang batangnya  agar tidak mudah roboh.

Pengikatan ini jangan terlalu kuat, agar pohon buah naga nantinya masih memiliki ruang gerak dan tidak mengganggu bibit buah naga lainnya.

Lakukan pula pengikatan pada cabang baru yang tumbuh pada bagian atas agar nantinya tidak tumbuh secara liar dan mengikuti tiang panjat yang disediakan.

PEMANGKASAN

Setelah bibit tanaman buah naga ditanam tentunya akan tumbuh cabang-cabang baru pada bibit yang ditanam tersebut. Nah, dari cabang-cabang baru yang tumbuh tersebut tidak semuanya dipelihara, namun ada yang perlu bahkan harus dipangkas. Dengan kata lain pemangkasan ini bertujuan untuk membentuk tanaman agar memiliki bentuk yang proporsional.

Pemangkasan ini dilakukan pada tunas atau cabang yang tumbuh apabila bercabang sebelum mencapai puncak tiang panjat.

Related Post

PENGENDALIAN OPT

Keberadaan OPT atau organisme pengganggu tanaman pada buah naga dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, maka dari itu OPT tersebut harus dikendalikan sejak dini atau yang lebih baik adalah melakukan pencegahan sejak dini sebelum terjadi serangan.

Caranya, semprotkan fungisida dan insektisida dengan menyesuaikan jasad sasaran. Adapun dosisnya adalah 1 cc per liter air dengan interval aplikasi penyemprotannya adalah 2 minggu sekali dan lakukan secara rutin.

PEMUPUKAN

Dalam pemupukan tanaman apa saja termasuk buah naga dalam pot harus mengacu pada 4 Tepat, yaitu tepat waktu, tepat jenis/kandungan unsur hara, tepat dosis dan tepat cara aplikasinya.

Adapun jenis, dosis dan waktu pemupukan tanaman buah naga dalam pot adalah sebagai berikut.

  1. Pemupukan pertama dilakukan pada saat tanaman berumur sekitar 1 bulan sejak penanaman, pupuk yang diberikan adalah NPK dengan dosis 1 sendok makan per tanaman per pot.
  2. Pemupukan ke 2 dilakukan dua minggu setelah pemupukan pertama, pupuk yang diberikan adalah NPK dengan dosis 1 sendok makan per tanaman per pot.
  3. Pemupukan ke 3 dilakukan dua minggu setelah pemupukan ke 2, adapun jenis dan dosis pupuk yang diberikan adalah 1/2 kg kompos/pupuk organik , 1 sendok makan TSP  dan 1 sendok teh KCL.

Rotasi pemupukan berikutnya dilakukan setiap 2 minggu sekali sesuai dosis yang telah disebutkan di atas.

Demikian ulasan mengenai cara Perawatan Buah Naga dalam Pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk, pestisida, bibit buah naga ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube saipul annuar,sp