Cara Mengatasi Bunga Buah Naga Rontok

Keinginan semua petani mengharapkan tanaman buah naga yang dibudidayakan dapat tumbuh berkembang dan berbuah dengan maksimal tanpa menemui kendala. Namun pada kenyataannya dalam budidaya tanaman buah naga selalu saja dijumpai kendala yang tak dapat dihindari.

Diantara kendala dalam budidaya tanaman buah naga adalah kerontokan bunga. Padahal bunga inilah yang ditunggu dan diharapkan dapat menjadi buah, namun terkadang bunga yang tumbuh tersebut tampak layu menguning, kering dan kemudian rontok.

Nah untuk mengatasi kendala kerontokan bunga tersebut harus mengetahui pula apa penyebabnya agar penanganan yang dilakukan lebih tepat sasaran.

Adapun cara mengatasi bunga buah naga rontok beserta penyebabnya silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

PENYEBAB KERONTOKAN

Secara umum, kerontokan pada bunga buah naga disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:

  1. Faktor eksternal, maksudnya adalah faktor penyebab kerontokan yang disebabkan dari luar tanaman. Faktor tersebut adalah kondisi cuaca, sebagaimana yang terjadi sekarang ini yaitu pada musim kemarau kelembaban udara sangat rendah sehingga suhunya sangat dingin pada malam hari, sedangkan  pada siang hari sinar matahari sangatlah terik sehingga terjadi perbedaan suhu yang ekstrim antara siang dan malam. Kondisi demikian dapat berakibat pada bunga tanaman buah naga menjadi stres,layu dan berguguran.
  2. Faktor air, pada musim kemarau, di berbagai daerah mengalami kesulitan air, ditambah lagi cuaca yang begitu terik mengakibatkan kelembaban media tanam atau tanah menjadi cepat kering. Nah jika kekeringan atau kekurangan air ini terjadi pada tanaman buah naga yang sedang berbunga maka pastilah proses penyerapan unsur haranya terganggu yang mana hal tersebut dapat berakibat pada rontoknya bunga terutama pada bunga yang masih kecil, dia akan  mengering dan kemudian rontok.
  3. Salah pemberian pupuk, sebagaimana telah kita ketahui bahwa dalam melakukan pemupukan harus tepat, baik itu tepat waktu, tepat dosis, tepat unsur hara dan juga  tepat cara, nah jika pemupukan yang dilakukan tidak tepat maka pemupukan tersebut  justru malah dapat merusak tanaman, seperti terjadinya kerontokan pada tanaman buah naga yang sedang berbunga. Kesimpulannya pada saat tanaman memasuki fase generatif atau berbunga pupuk yang diberikan tentu berbeda dengan saat tanaman masih dalam fase vegetatif.
  4. Kekurangan unsur hara mikro, selain unsur hara makro tanaman juga membutuhkan unsur hara mikro. Unsur hara makro adalah unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah relatif besar. Unsur hara makro antara lain: Karbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O), Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), Sulfur (S). Unsur hara mikro adalah unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah sedikit. Meskipun hanya sedikit, namun unsur hara ini sangat penting dalam menunjang proses-proses fisiologis dan pertumbuhan tanaman. Unsur hara mikro tersebut antara lain: Molibdenum (Mo), Boron (B), Tembaga (Cu), Besi (Fe), Mangan (Mn), Seng (Zn), Silikon (Si). Nah tanaman buah naga yang kekurangan unsur hara mikro dapat berakibat pada rontoknya bunga.

CARA MENGATASI

Melihat dari penyebab kerontokan bunga diatas, maka untuk mengatasinya kita dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

Related Post

Lakukan pengairan secara rutin jangan menunggu sampai lahan kering sampai pada tanah terlihat pecah-pecah. Intensitas pengairan dilakukan menyesuaikan jenis tanah, jika tanah merupakan jenis tanah yang gampang menahan air seperti tanah liat, pengairan bisa lebih jarang misalnya 15 hari sekali. Namun agar lebih akurat tentu harus melihat pada kondisi tanah di lapangan, karena setiap lahan memiliki kriteria yang berbeda beda. Pemupukan pada tanaman buah naga ini juga harus dilakukan dengan tepat.

Tanaman buah naga yang sedang berbunga/fase generatif membutuhkan pupuk dengan kandungan K yang tinggi agar proses pembungaan dan pembuahannya dapat berlangsung secara optimal. Hindari pemupukan menggunakan pupuk dengan kandungan N yang tinggi pada saat tanaman buah naga berbunga, karena hanya akan memicu pertumbuhan tanaman saja dan malah dapat mengakibatkan kerontokan bunga.

Dan untuk mencukupi kebutuhan unsur hara mikro pada tanaman buah naga, caranya adalah dengan memberikan pupuk organik, karena unsur hara mikro tersebut dapat diperoleh dari pupuk organik.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi bunga buah naga rontok, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk, bibit buah naga ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Petani Melenial