Manfaat Garam Inggris Untuk Tanaman

Garam Inggris memiliki nama lain epsom salt, dikatakan demikian karena ditemukan di mata air bawah tanah di kota Epsom di Inggris pada awal 1600-an.

Garam inggris merupakan mineral alami yang terbuat dari magnesium sulfat terhidrasi. Secara kimiawi, ia memiliki 10% magnesium dan 13% sulfur. Dua kandungan ini merupakan nutrisi yang penting bagi banyak jenis tanaman dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Nah untuk mengetahui apa saja manfaat garam inggris untuk tanaman, silakan simak penjelasannya berikut ini.

 

Membantu pertumbuhan bibit pada  persemaian

Magnesium ini sangat bagus untuk pupuk bagi benih yang baru tumbuh pada persemaian.

Bibit tanaman dalam persemaian terkadang layu, mati, batangnya busuk kemudian kering. Kondisi tersebut menandakan bahwa bibit tanaman tersebut kekurangan nutrisi magnesium. Maka dari itu untuk menghindari kondisi dapat seperti tersebut diatas dapat dilakukan dengan menyemprotkan larutan magnesium pada bibit tanaman tersebut setiap hari secara rutin. Caranya larutkan 1 sendok makan garam inggris dengan 1 liter air, aduk hingga larut dan semprotkan pada bibit dalam persemaian 1 atau 2 kali sehari. Manfaatnya pertumbuhan bibit menjadi sempurna, lebih sehat dan kuat.

Membantu menghijaukan daun

Zat magnesium dalam garam inggris ini sangat baik untuk menghijaukan daun, sebagaimana diketahui bahwa klorofil atau zat hijau daun memiliki struktur penyusun berupa magnesium yang berada di sentralnya. Sehingga dengan pemberian magnesium ini zat hijau daun akan terbentuk dengan baik dan sempurna.

Caranya larutkan 1 sendok makan garam inggris dengan 1 liter air, aduk hingga larut dan semprotkan pada tanaman baik itu tanaman hias, tanaman sayur, tanaman buah dan sebagainya, dengan interval 1-2 minggu sekali.

Mengatasi daun kuning dan keriting

Salah satu penyebab daun tanaman keriting dan menguning adalah kekurangan unsur hara magnesium. Karena garam inggris ini memiliki kandungan magnesium maka dapat digunakan untuk mengatasi daun kuning dan keriting tersebut.

Related Post

Caranya larutkan 1 sendok makan garam inggris dengan 1 liter air, aduk hingga larut dan semprotkan pada tanaman baik itu tanaman hias, tanaman sayur, tanaman buah dan sebagainya, dengan interval 1 minggu sekali.

Sebagai pupuk dasar

Dalam mempersiapkan media tanam baik itu media pada lahan persawahan ataupun media tanam dalam pot biasanya selalu menggunakan dolomit untuk meningkatkan unsur hara pada media tanam tersebut, hal itu tidak lain karena pupuk dolomit salah satunya mengandung unsur magnesium. Nah garam inggris ini bisa menjadi alternatif lain pengganti dolomit tersebut. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan garam inggris pada pot ukuran kecil, sedangkan untuk ukuran sedang dan besar tinggal menyesuaikan saja.

Mencegah stres pada tanaman yang baru ditanam

Tanaman yang baru ditanam atau dipindah tanam rentan mengalami stres. Misalnya bibit tanaman yang baru dibeli masih terlihat segar, setelah dipindah tanam dari polybag ke dalam pot  menjadi layu, kuning bahkan mati. Nah untuk meminimalisir stresnya tanaman pasca pindah tanam, maka perlu untuk mengaplikasikan garam inggris. Caranya adalah dengan menanam seperti biasa, namun setelah itu lakukan penyiraman menggunakan larutan garam inggris.  Larutkan 2 sendok makan garam inggris kedalam 2 litr air lalu siramkan pada tanaman yang baru ditanam tersebut.  

Anti hama

Beberapa yang dapat dikendalikan menggunakan garam inggris ini diantaranya  semut, keong, siput, bekicot dan sebagainya. Caranya adalah dengan menaburkan garam inggris tersebut di sekeliling tanaman atau sekeliling pot/polybag.

Mengoptimalkan pertumbuhan serta hasil tanaman

Manfaat garam inggris selanjutnya yaitu untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan hasil produksi tanaman, terutama pada tanaman yang sangat rakus akan kebutuhan magnesium seperti cabai, tomat, paprika dan mawar.

Caranya larutkan 1 sendok makan garam inggris dengan 1 liter air, aduk hingga larut dan semprotkan pada tanaman tersebut dengan interval 1 -2 minggu sekali. Dengan aplikasi garam inggris tersebut maka dipastikan bahwa tanaman tersebut akan tumbuh lebih bagus.

Memperbaiki struktur dan sifat media tanam

Unsur magnesium dalam garam inggris dapat memperbaiki struktur tanah seperti halnya pupuk organik, menjadikan tanah lebih porous sehingga penyerapan unsur hara lebih bagus. Caranya larutkan 1 sendok makan garam inggris dengan 1 liter air, aduk hingga larut dan siramkan pada media tanam dengan interval 15-30 hari sekali.

Membuat kelopak bunga menjadi lebih besar/lebar

Agar kelopak bunga pada tanaman hias seperti misalnya bunga mawar dapat menjadi lebar dan besar, salah satu tekniknya adalah dengan mengaplikasikan larutan garam inggris pada bunga dan tanaman tersebut. Caranya larutkan 1 sendok makan garam inggris dengan 1 liter air, aduk hingga larut dan semprotkan pada tanaman tersebut dengan interval 1 minggu sekali. Dengan memberikan perlakuan tersebut maka kelopak bunga mawar menjadi lebih besar dan lebar .

Demikian ulasan mengenai manfaat garam inggris untuk tanaman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Kebun Indra Tarigan