Cara Mengatasi Lalat Buah Pada Jambu Air

Lalat buah adalah serangga yang suka menyerang buah-buahan termasuk jambu air, lalat buah berwarna kuning kecoklatan dan tubuhnya mirip dengan lebah. Lalat buah yang menyerang buah jambu air adalah lalat buah dewasa yang berjenis kelamin betina, sedangkan lalat buah jantan sama sekali tidak mengganggu tanaman.

Lalat buah betina dewasa ketika memasuki masa reproduksi akan menyimpan telur-telurnya di dalam buah jambu air dengan cara menusuknya. Telur-telur tersebut dalam beberapa hari akan menetas dan menjadi larva berbentuk seperti ulat-ulat kecil berwarna putih. Larva lalat buah akan bertahan hidup di dalam buah inangnya dengan memakan daging buah sampai menjadi lalat buah dewasa. Akibatnya jambu air akan membusuk dan rontok sehingga hasil panen jambu air tidak optimal.

Lalat buah menyerang buah jambu air yang masih muda maupun buah jambu air yang sudah matang atau hampir matang.

Nah bagaimana cara mengatasi lalat buah pada jambu air? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Untuk mengatasi lalat buah pada tanaman jambu air ini salah satunya dapat menggunakan perangkap lalat buah.

Perangkap lalat buah ini dapat kita buat sendiri menggunakan bahan dan dengan cara yang sangat sederhana, cara membuatnya pun sangat mudah. Namun meskipun demikian alat perangkap lalat buah inui dinilai cukup efektif untuk menangkap lalat buah.

BAHAN DAN ALAT

  1. Petrogenol, adalah atraktan berbentuk larutan berwarna kuning jernih yang berfungsi menarik minat lalat buah untuk mendekat.
  2. Botol bekas air mineral ukuran 1,5 liter
  3. Kapas atau tisu
  4. Gunting
  5. Tali

CARA PEMBUATAN

Setelah semua bahan disiapkan maka langkah selanjutnya adalah proses pembuatannya.

Related Post
  • Pastikan botol bekas yang digunakan sudah bersih, potong bagian ujungnya kira-kira 10 cm dari tutupnya. Lubangi tutup botol seukuran kira-kira lalat buah bisa masuk lubang tersebut.
  • Teteskan petrogenol pada satu lembar tisu yang dilipat atau kapas sebanyak 20 tetes, tidak perlu banyak-banyak karena dengan 20 tetes saja petrogenol ini dapat efektif untuk digunakan selama kurang lebih 2 bulan.
  • Masukkan tisu tersebut ke dalam botol, kemudian tutup menggunakan potongan botol bagian atas dengan cara memasukkannya pada potongan botol bagian bawah dengan posisi terbalik, jika pemotongan tepat maka potongan botol tersebut dapat menyatu dengan erat dan tidak mudah lepas.
  • Pada saat proses pembuatan perangkap ini jangan sampai tangan menyentuh cairan petrogenol tersebut, karena jika sampai tersentuh maka tentunya tangan akan menyentuh bagian-bagian lain seperti bagian luar botol. Jika terjadi hal demikian maka lalat buah hanya tertarik pada aroma petrogenol yang berada di luar botol dan akibatnya lalat tidak masuk pada perangkap dalam botol dan hanya hinggap pada bagian luar botol yang terkena sentuhan tangan bekas petrogenol.
  • Gantung botol tersebut pada pohon jambu air, pilihlah bagian dahan yang agak lebat, karena disitulah tempat yang disukai oleh lalat buah. Pada saat penggantungan pastikan posisi lubang botol sedikit condong ke bawah, tujuannya agar saat hujan botol tidak terisi air.

Perangkap lalat buah menggunakan petrogenol ini cukup efektif karena beberapa saat setelah perangkap dipasang sudah ada lalat yang terperangkap di dalamnya, bahkan jika pembuatan perangkap ini dilakukan di kebun jambu air, selama proses pembuatannya pun sudah ada lalat yang mendatangi.

Penggunaan perangkap ini dinilai lebih efektif dan efisien karena sejauh ini belum ada pengendali hama yang efektif dan efisien untuk mengendalikan lalat buah tersebut.

Sebagai catatan, Petrogenol (atraktan) ini berfungsi untuk menarik lalat buah jantan dengan senyawa khusus dan masuk ke dalam perangkap. Sehingga dengan penggunaan perangkap ini akan mengurangi jumlah populasi lalat jantan sekaligus mengacaukan pola perkawinan pada lalat buah. Nah, jika populasi lalat jantan berkurang maka lalat betina tidak akan melakukan proses kawin dan bertelur.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Lalat Buah Pada Jambu Air, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pestisida, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube saipul annuar,sp