Cara Menanam Daun Bawang Sisa Dapur

Untuk membudidayakan tanaman daun bawang selain dapat ditanam dari benih atau bijinya ternyata dapat pula ditanam dari batang yang diperoleh dari sisa memasak di dapur untuk dijadikan bibit.

Dengan demikian sisa batang daun bawang dari dapur dapat dimanfaatkan kembali dan tidak dibuang begitu saja.

Untuk mengetahui bagaimana Cara Menanam Daun Bawang Sisa Dapur, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

PERSIAPAN BIBIT

Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa bibit tanaman daun bawang dapat diperoleh dari batang daun bawang sisa memasak di dapur, lantas bagaimana cara membuatnya?

Caranya yaitu, setelah memperoleh daun bawang baik itu dari pasar ataupun dari panen sendiri untuk memasak, sisakan 10 cm bagian bonggolnya. Nah inilah bagian batang daun bawang yang akan dijadikan bibit untuk ditanam.

Agar nantinya dapat diperoleh tanaman dengan pertumbuhan yang baik dan optimal, pilihlah daun bawang yang memiliki rumpun yang banyak, sehat, batangnya besar.

Jika masih terdapat akar yang panjang, lakukan pemangkasan ¾ nya untuk meminimalkan terjadinya busuk akar yang dapat mengakibatkan tanaman gagal tumbuh.

Dengan menggunakan bibit dari sisa dapur ini, selain memanfaatkan limbah dapur agar tidak dibuang sia-sia juga dinilai lebih hemat karena dapat menanam daun bawang tanpa membeli biji atau benihnya.

POLYBAG DAN MEDIA TANAM

Siapkan polybag dengan ukuran 15×30 atau setara dengan ukuran kaleng cat ukuran 5 kg agar tanaman daun bawang yang ditanam dapat leluasa dan diharapkan mempunyai rumpun yang banyak nantinya.

Media tanam untuk menanam daun bawang dari sisa dapur pada polybag atau pot tidak berbeda jauh dengan budidaya tanaman sayuran pada umumnya. Kriteria media tanam yang baik adalah porous, gembur dan banyak mengandung bahan organik.

Media yang digunakan yaitu tanah pekarangan yang subur dan gembur dan arang sekam dengan perbandingan 2:1. Penggunaan arang sekam ini selain untuk menjaga media tanam dalam keadaan gembur dan porous juga dapat menjadikan tanaman lebih subur, tumbuh dengan baik sesuai harapan.

Selain arang sekam bisa juga dengan menggunakan pupuk kandang yang telah melalui proses fermentasi atau paling tidak pupuk kandang yang telah disimpan dalam waktu yang lama.

Campurkan semua bahan media tanam dengan mengaduknya hingga merata, kemudian memasukkannya ke dalam polybag.

Related Post

PENANAMAN

Buat lubang tanam pada media tanam dalam polybag, cukup buat satu lubang tanam pada setiap polybag.

Tanam bibit daun bawang yang telah disiapkan pada polybag tersebut, sedikit padatkan media tanam disekitar bibit agar bibit erat tertanam dan tidak mudah roboh.

Jika rumpun bibit daun bawang terdiri dari banyak batang dapat dipisahkan menjadi beberapa bagian.

Siram hingga media tanam dalam polybag jenuh air. Untuk penyiraman berikutnya cukup dilakukan 1 hari sekali dan jangan sampai berlebihan karena dapat menyebabkan media tanam menjadi sangat lembab dan mengundang banyak bakteri patogen sehingga menyebabkan pembusukan pada akar daun bawang yang ditanam.

Letakkan polybag bibit pada tempat yang memperoleh sinar matahari cukup.

Perawatannya juga cukup mudah yaitu dengan melakukan penyiraman 2 kali sehari jika tanaman sudah berumur 10 HST, dan pada usia tersebut dapat diaplikasikan pupuk daun seperti Gandasil D.

Adapun dosis Gandasil D tersebut adalah 1/2 sendok teh untuk dilarutkan ke dalam 4 liter air bersih. Aplikasi pupuk daun ini dilakukan dengan cara disemprotkan pada tanaman dengan interval 7-10 hari sekali secara rutin pada pagi dibawah jam 10 atau sore hari diatas jam 3 sore.

Jangan melakukan penyemprotan pada siang hari karena dapat mengakibatkan tanaman terbakar. Sedangkan waktu terbaik untuk penyemprotan pupuk daun ini adalah pada jam 7 pagi.

Untuk skala rumahan, daun bawang sudah dapat dipanen pada usia 50 hari keatas dari masa tanam dengan cara mencabutnya langsung dan memperbanyaknya kembali ataupun dengan cara menggunting satu per satu sesuai kebutuhan dan menyisakannya sebagian untuk dapat dipanen kembali di kemudian hari.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Daun Bawang Sisa Dapur, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih daun bawang ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Sunda Berkarya