Cara Membuat Compost Tea

Kompos adalah salah satu sumber nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tanaman dan juga banyak digunakan oleh para petani, terutama dalam pertanian organik yang telah teruji manfaatnya.

Kompos biasanya digunakan dalam bentuk padat, baik sebagai campuran media tanam maupun pemupukan. Selain itu kompos juga bisa digunakan dalam bentuk cair dengan membuatnya menjadi teh kompos/compost tea. Compost tea ini adalah kompos namun dalam bentuk cair, yang jika diaplikasikan akan memberikan nutrisi instan yang sangat disukai oleh tanaman.  

Tanpa perlu panjang lebar, langsung saja kita menuju pembahasan utama yaitu cara membuat compost tea atau teh kompos meliputi bahan dan alat yang dibutuhkan, proses pembuatan serta bagaimana cara mengaplikasikannya pada tanaman, berikut ini penjelasannya.

BAHAN DAN ALAT

  • Air
  • Kompos yang sudah benar-benar matang
  • Molase, gula pasir atau gula merah
  • Aerator
  • Ember

TAHAP PEMBUATAN

Siapkan air bersih seperti air sumur atau air sungai, namun jika yang tersedia air yang mengandung klorin (kaporit) seperti air ledeng atau air PDAM maka harus disterilkan terlebih dahulu dari klorin, karena keberadaan klorin pada air dapat mematikan bakteri menguntungkan yang ada pada kompos. Cara untuk menetralkan klorin adalah dengan mengendapkan atau mendiamkan air minimal selama 1×24 jam sebelum digunakan, karena klorin merupakan salah satu unsur kimia yang mudah sekali menguap, sehingga jika dibiarkan dalam waktu yang lama maka kandungan klorin dalam air akan habis, terlebih jika terpapar oleh  sinar matahari secara langsung maka proses penguapan klorin akan jauh lebih cepat.

Siapkan pula kompos yang sudah matang sempurna baik itu kompos dari kotoran hewan, kompos dari limbah dapur, kompos dari dedaunan dan sebagainya. Kompos yang sudah matang sempurna ditandai dengan tekstur yang gembur, dingin/tidak panas, tidak berbau busuk tetapi berbau seperti tanah.

Adapun takaran antara air dan kompos adalah setiap satu genggam kompos untuk 1 liter air, sehingga jika akan membuat dengan kapasitas lebih banyak tinggal menyesuaikan saja dengan takaran tersebut.

Misalnya jika ingin membuat compost tea dengan 15 liter air maka kompos yang digunakan adalah 15 genggam. Masukan air dan kompos sesuai takaran ke dalam ember, kemudian tambahkan 1 sendok makan gula pasir, atau gula merah atau bisa juga menggunakan molase sebagai sumber makanan dari mikroorganisme dalam kompos. Kemudian aduk semua bahan hingga larut dan tercampur merata.

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemberian oksigen atau oksigenasi agar proses pembiakan mikrobanya berlangsung dengan cepat.

Related Post

Caranya yaitu menggunakan aerator seperti aerator pada akuarium, letakkan ujung selang aerator yang ditempatkan di bagian dasar ember. Aerator akan mengalirkan udara untuk memberi oksigen dan sirkulasi udara di dalam teh kompos sehingga kadar oksigen dalam the kompos tinggi.

Proses ini dilakukan selama 2-3 hari atau 48-72 jam. Ciri-ciri pembuatan teh kompos yang berhasil yaitu tidak berbau busuk atau berbau amoniak, dan jika berbau busuk atau amoniak, buang compost tea yang gagal dan mengulangi pembuatan dari awal.

Setelah proses pembuatan selesai, tahap selanjutnya adalah melakukan penyaringan untuk memisahkan teh kompos dengan ampasnya. Teh kompos sudah siap untuk digunakan dan ampasnya/kompos padat bisa digunakan untuk memupuk tanaman atau bisa juga digunakan sebagai bahan pembuat teh kompos lagi.

 CARA APLIKASI KE TANAMAN

Cara aplikasi compost tea/teh kompos dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan dan mengocorkannya, namun sebelum diaplikasikan compost tea harus dicampurkan dengan air terlebih dahulu. Adapun dosis antara teh kompos dan airnya adalah 1:10 jika diaplikasikan dengan cara disemprotkan dan 1:1 jika diaplikasikan dengan cara dikocorkan. Sedangkan waktu aplikasinya usahakan jangan dilakukan pada saat matahari terik karena dapat menyebabkan daun tanaman terbakar dan waktu yang disarankan adalah pada pagi sebelum jam 7 atau sore hari setelah pukul 5.

Compost tea ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tanaman bahkan tidak kalah dengan pupuk-pupuk daun yang dijual di pasaran.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Compost Tea, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik, pestisida, bibit, benih ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Kebun Indra Tarigan