Tanaman Yang Cocok Untuk Musim Kemarau

Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis yang terdiri dari 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan pada umumnya terjadi pada bulan Oktober hingga Maret sedangkan musim kemarau biasanya terjadi pada bulan April hingga September, yang mana puncaknya terjadi pada bulan Agustus.

Pada musim kemarau artinya hujan tidak lagi turun, sehingga pertanian banyak tergantung pada bendungan, sungai ataupun sumur untuk memenuhi kebutuhan air tanaman. Akan tetapi jika kita bisa memilih tanaman yang tepat yang dapat beradaptasi pada saat musim kemarau, maka proses budidayanya menjadi lebih mudah dan tidak merepotkan.

Pada kesempatan kali ini Kampus Tani akan mengulas beberapa tanaman yang dapat beradaptasi atau bisa dibilang tahan terhadap kondisi kekurangan air, sehingga tanaman tersebut sangat cocok dibudidayakan pada musim kemarau.

Nah, apa saja Tanaman Yang Cocok Untuk Musim Kemarau tersebut? Berikut ini penjelasannya.

TERONG

Tanaman terong cocok sekali dengan lingkungan yang kering, sehingga pada musim kemarau proses budidayanya menjadi lebih mudah dan pertumbuhan tanamannya juga lebih optimal meskipun dengan curah hujan yang rendah misalnya di bulan Juni-Agustus. Selain itu pada saat pembentukan buah, tanaman terong membutuhkan cuaca yang panas. Dan kondisi perbedaan suhu pada saat siang hari yang sangat panas dan pada malam hari yang sangat dingin akan memicu terjadinya pembungaan, dan hal ini terjadi pada saat musim kemarau. Sehingga tanaman terong ini sangat cocok untuk dibudidayakan di musim kemarau.

JAGUNG

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tanaman jagung itu dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim kering hingga sedang dan tidak membutuhkan curah hujan yang terlalu banyak. Jadi meskipun air itu masih ada pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman jagung, namun ketika jumlahnya berlebih yang salah satunya disebabkan oleh genangan air, justru menyebabkan pertumbuhan tanaman jagung menjadi tidak optimal. Dan lagi air juga dapat mempengaruhi kadar air dalam biji jagung, sehingga ketika kadar airnya tinggi, maka akan menyulitkan dalam memenuhi kebutuhan serta kriteria yang diinginkan pasar. Dan itu sebabnya pada musim kemarau, tanaman jagung bisa menjadi alternatif untuk dibudidayakan.

KACANG PANJANG

Tanaman kacang panjang juga bisa menjadi alternatif untuk dibudidayakan pada saat musim kemarau. Hal ini karena kacang panjang merupakan tanaman yang menginginkan curah hujan yang rendah hingga sedang, dan sepanjang hidupnya lebih banyak membutuhkan sinar matahari.

MENTIMUN

Tanaman mentimun dapat beradaptasi dengan baik pada saat lingkungannya kering, dan dapat tumbuh dengan baik pada saat musim kemarau. Dan secara agronominya tanaman mentimun ini tidak dapat hidup pada daerah yang terlalu lembab dan kurang tahan juga terhadap curah hujan yang tinggi. Hal ini karena pada saat curah hujan tinggi dapat mengakibatkan bunga yang terbentuk pada tanaman mentimun mengalami keguguran. Sehingga rentan sekali terjadi kegagalan dalam pembentukan bakal buah.

TOMAT

Beberapa referensi mengatakan bahwa pada saat musim kemarau merupakan waktu tanam yang bagus untuk tomat. Bahkan rata-rata buah tomat per tandan mengalami peningkatan pada saat musim kemarau jika dibandingkan pada saat musim hujan. Hal ini terjadi karena pada saat musim hujan dengan curah hujan yang tinggi bisa jadi menyebabkan bunganya rontok dan gagal menjadi buah. Sehingga tanaman tomat bisa menjadi alternatif untuk dibudidayakan pada saat musim kemarau.

KACANG TANAH

Tanaman kacang tanah biasanya ditanam pada saat musim kemarau sesudah penanaman tanaman padi, dengan pola tanam padi-padi-kacang untuk sawah beririgasi dan padi-kacang pada sawah dengan irigasi terbatas. Kacang tanah juga merupakan tanaman yang dapat menyesuaikan diri terhadap resiko kekeringan karena memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap terjadinya kerusakan akibat kekeringan. Dan juga tanaman kacang tanah ini memiliki kemampuan tertentu yang dapat melakukan pemulihan diri sendiri terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh kekeringan.

KEDELAI

Komoditas tanaman pangan yang juga dapat menyesuaikan diri terhadap kondisi dan iklim yang kering selanjutnya adalah kedelai. Sebagai persamaannya, iklim yang cocok untuk kedelai adalah apabila jagung cocok maka kedelai juga bisa dibilang cocok. Bahkan daya tahan tanaman kedelai itu ternyata lebih baik jika dibandingkan dengan tanaman jagung. Selain itu kedelai akan berproduksi lebih baik pada musim kemarau dibandingkan dengan musim hujan, karena berpengaruh terhadap waktu pemasakan biji dan proses pengeringan hasil.

LABU

Labu biasanya dijadikan tanaman sampingan pada musim kemarau, namun apa salahnya untuk membudidayakannya sebagai tanaman komersial. Karena selain labu ini cukup mudah dalam hal perawatannya, juga akan lebih cepat pertumbuhannya jika ditanam pada saat sinar matahari penuh, dibandingkan dengan pada saat musim hujan.

UBI JALAR

Selain labu ada juga tanaman menjalar yang cocok dibudidayakan pada saat musim kemarau, tanaman tersebut adalah ubi jalar. Pada dasarnya tanaman ubi jalar adalah tanaman yang dapat beradaptasi atau bertahan hidup pada saat cuaca atau udaranya panas yang cukup tinggi dengan lama penyinaran 11-12 jam per harinya. Ubi jalar ini potensi pemasarannya bisa dibilang cukup baik karena selain dapat diolah menjadi gorengan atau keripik, ubi jalar juga bisa diolah menjadi tepung sebagai bahan baku pembuatan kue.

KACANG HIJAU

Tanaman kacang hijau bisa menjadi alternatif terbaik, karena kacang hijau itu memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat baik pada saat musim kemarau, serta masa panennya pun bisa dibilang singkat.  Bahkan kacang hijau memiliki kemampuan beradaptasi lebih baik dibandingkan dengan tanaman kedelai pada saat musim kemarau. Artinya tanaman kacang hijau bisa jadi alternatif dalam menghadapi kemungkinan kemarau dengan ketersediaan air yang rendah.

Demikian ulasan mengenai Tanaman Yang Cocok Untuk Musim Kemarau, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli berbagai macam benih, bibit, pupuk, pestisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Penyuluh Pertanian Lapangan

Bacaan Terkait

kayu suren

Mengenal Kayu SurenMengenal Kayu Suren

Kayu suren atau yang memiliki nama ilmiah Toona Sureni, merupakan salah satu jenis kayu yang cukup disukai oleh masyarakat. Jenis kayu ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia. Misalnya saja