POC Perangsang Bunga dan Buah

Pada dasarnya untuk membuat tanaman bisa berbunga dan berbuah setidaknya ada 2 hal yang perlu dilakukan. Pertama mencukupkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman agar dapat berbunga dan berbuah dengan baik, yang kedua yaitu memberikan tambahan hormon untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah pada tanaman tersebut.

Dan untuk mendapatkan 2 hal tersebut sekaligus kita dapat mengaplikasikan POC yang dibuat dengan bahan khusus untuk perangsang bunga dan buah.

POC tersebut dapat dibuat dengan mudah tanpa perlu keahlian khusus dan dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar kita sehingga mudah untuk dijumpai dan tentunya merupakan bahan organik sehingga lebih sehat dan ramah terhadap lingkungan sekitar. Untuk membuatnya, apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan, bagaimana langkah-langkah pembuatannya serta bagaimana cara aplikasinya pada tanaman? berikut ini penjelasan selengkapnya.

BAHAN DAN ALAT

  • 1 liter air kelapa yang diambil dari kelapa tua atau setengah tua yang kulitnya masih hijau. Air kelapa ini selain mengandung unsur hara kalium yang sangat berguna untuk pengisian buah pada tanaman juga mengandung hormon sitokinin dan giberelin yang berperan dalam pembelahan sel pada tanaman sehingga sangat bagus untuk merangsang tumbuhnya bunga pada tanaman.
  • 2 butir telur, telur ini merupakan sumber protein dan lemak hewani serta sumber asam amino yang sangat bagus sebagai sumber nutrisi bagi tanaman.
  • 1 sdm micin/MSG, micin ini memiliki kandungan unsur hara natrium yang dibutuhkan oleh tanaman agar dapat bekerja sama dengan unsur hara kalium untuk memberikan kekuatan, pengisian buah serta mencegah kerontokan bunga dan buah.
  • 100 ml EM4 Pertanian sebagai dekomposer.
  • 100 gr jantung pisang, jantung pisang ini merupakan sumber unsur hara fosfor yang juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bunga.
  • 1 genggam cocopeat (sabut kelapa yang dihaluskan) dengan kandungan kalium yang berperan untuk mencegah terjadinya kerontokan bunga dan buah.
  • Blender
  • Botol kapasitas 1,5 liter

CARA PEMBUATAN

Haluskan jantung pisang, telur (beserta kulitnya) dan cocopeat sesuai takaran tersebut diatas dengan cara di blender, tambahkan air kelapa secukupnya untuk memudahkan proses pemblenderan.

Setelah halus tuangkan ke dalam wadah, tambahkan 1 sdm micin, 100 ml EM4, tambahkan pula air kelapa yang tersisa kemudian aduk merata. Masukkan ke dalam botol kapasitas 1,5 liter, jangan terlalu penuh, sisakan sedikit ruang kosong, tutup rapat dan diamkan selama 2 minggu untuk proses fermentasi. Selama proses fermentasi bukalah tutup botol setiap hari selama beberapa saat untuk mengeluarkan gas yang ditimbulkan dari proses fermentasi agar botol tidak melembung dan meledak.

Related Post

CARA APLIKASI PADA TANAMAN

Setelah proses fermentasi selama 2 minggu POC sudah siap digunakan. Namun sebelum diaplikasikan saring terlebih dahulu untuk memisahkan dengan ampasnya. Cara aplikasinya adalah dengan cara disemprotkan atau dikocorkan pada tanaman dengan interval 1-2 kali dalam 1 minggu, adapun dosisnya adalah 10 ml POC untuk diencerkan pada 1 liter air.

POC ini dapat diaplikasikan pada semua jenis tanaman buah ataupun tanaman bunga terutama tanaman yang enggan berbunga dan berbuah untuk merangsang pembungaan serta pembuahannya. Dan hasilnya akan tampak perubahan setelah 2-3 kali aplikasi.

Demikian ulasan mengenai cara membuat POC perangsang bunga dan buah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK