Tanaman durian yang ditanam terkadang mati mendadak tanpa ada sebab yang tampak atau kasat mata. Tentunya akan sangat disayangkan jika hal tersebut terjadi terlebih jika pohon durian yang mati mendadak tersebut sedang dalam masa berbuah.

Penyebab Pohon Durian Mati Mendadak ini setidaknya disebabkan oleh 4 hal, sebagaimana yang akan kami uraikan pada artikel berikut ini.

1.Busuk Akar

Penyakit ini menyerang tanaman durian dewasa maupun yang masih bibit. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Pythium Complectens.

Gejala terlihat pada cabang-cabang yang terserang tampak mati. Akar sakit tetapi dari luar tampak normal, jika akar dibedah pada bagian kulit dalam/korteks terlihat warna coklat dan pada bagian yang berkayu akan tampak warna merah muda dengan bercak coklat.

Penyakit ini dapat menyebabkan kematian langsung pada tanaman durian. 

Cara pengendaliannya adalah dengan kultur teknis, mekanis, dan kimiawi. Cara kultur teknis adalah dengan menggunakan batang bawah yang tahan penyakit dan dengan melakukan perbaikan drainase agar tanah tidak lembab.

Cara mekanis adalah dengan menghindari luka pada batang dan akar sewaktu dilakukan pemeliharaan, serta membongkar/eradikasi tanaman durian yang terserang lalu dibakar dan bekas lubangnya diberi kapur.

Sedangkan cara kimiawi adalah dengan mengaplikasikan larutan fungisida sistemik dengan cara dikocorkan atau diinfuskan pada akar.

2. Kelelahan Berbuah

Kelelahan berbuah pada tanaman durian ini terjadi ketika tanaman dirangsang untuk berbuah dengan pupuk ataupun obat-obatan kimia, baik itu karena ketidak cocokan tanaman dengan bahan-bahan kimia tersebut ataupun karena terjadi over dosis dalam pemberiannya tanpa memperhatikan kesehatan tanaman.

3. Kurangnya Penyiraman

Kurangnya penyiraman atau kekeringan yang berkepanjangan akan mengakibatkan ujung akar menjadi kering, dan ketika akar kering akan dimakan oleh rayap dan menjadikan perakaran rusak sehingga penyerapan nutrisi oleh akar menjadi terhambat dan berakibat tanaman durian mati karena suplai nutrisi tidak mencukupi.

Untuk itu agar tanaman tidak mengalami hal tersebut maka penyiraman harus dilakukan secara rutin dan jangan sampai terlambat, terlebih pada musim kemarau. Penyiramannya pun harus dilakukan dengan benar, jangan hanya menyiram pada pangkal batang pohon saja melainkan dari pangkal hingga 2 meter dari pangkal batang.

4. Angin Besar

Penyebab pohon durian mati mendadak yang ke 4 adalah karena pohon durian diterpa angin besar/kencang, karena terpaan angin kencang tersebut dapat menyebabkan tanaman terkoyak sehingga perakaran menjadi rusak yang dapat berakibat kematian tanaman.

Demikian ulasan mengenai Penyebab Pohon Durian Mati Mendadak, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman durian ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi : Channel Youtube Rumah Bibit