Penyebab Daun Menguning dan Cara Mengatasinya (Bagian 2)

Daun menguning pada tanaman budidaya merupakan hal yang lazim terjadi, bahkan bisa terjadi pada semua jenis tanaman baik itu tanaman hias, tanaman buah, tanaman sayur dan sebagainya.

Kejadian daun menguning ini mungkin terdengar sepele karena memang bisa juga disebabkan karena faktor umur dari daun itu sendiri, jadi secara alami daun akan gugur ketika sudah tua. Akan tetapi sebenarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab daun menguning, dan harus segera diatasi agar tidak memberikan akibat fatal pada tanaman.

Penyebab daun menguning ini setidaknya ada 9 hal, pada bagian pertama sudah kita bahas mengenai Penyebab Daun Menguning dan Cara Mengatasinya, yaitu kelainan akar, stres pada tanaman, kesalahan penyiraman dan faktor ph tanah. Untuk bagian ke 2 ini masih ada 5 hal, berikut ini penjelasannya.

  1. Serangan hama

Serangan hama ini dapat berakibat pada kuningnya daun bahkan daun rusak dan mematikan tanaman. Hama yang biasanya menyebabkan kuningnya daun adalah serangga yaitu aphid, kutu kebul, thrips dan sebagainya atau misalnya semut yang bisa membawa virus-virus tertentu sehingga tanaman menjadi kuning dan mati atau bisa juga disebabkan oleh jamur patogen. Jika kuningnya daun ini terdeteksi disebabkan oleh hama, maka pengendaliannya dapat dilakukan menggunakan pestisida baik itu organik maupun kimia. Dan untuk bahan aktif dan merek dagang pestisida yang digunakan sesuaikan saja dengan jasad sasaran apakah itu serangga, jamur ataukah bakteri.

  1. Kesalahan pemupukan

Pupuk memang sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi serta unsur hara untuk pertumbuhannya, baik itu pertumbuhan vegetatif ataupun generatif. Namun pemberian pupuk yang tidak tepat justru malah merugikan bagi tanaman, misalnya jika pemberian pupuk terlalu banyak bisa berakibat over dosis, daun kuning bahkan kematian tanaman. Maka dari itu dalam pemupukan harus memenuhi 4 tepat, yaitu tepat jenis pupuk, tepat dosis, tepat waktu dan tepat pula cara aplikasinya agar manfaat dari pupuk tersebut diperoleh dengan maksimal, bukan malah sebaliknya.

  1. Kekurangan unsur hara

Tanaman yang kekurangan unsur hara juga akan mengalami daun menguning, namun kuning daunnya memiliki pola yang berbeda tergantung dari unsur hara apa yang kurang pada tanaman tersebut. Misalnya tanaman yang kekurangan unsur nitrogen daunnya akan menjadi kuning atau hijau muda, ciri-ciri selengkapnya pada gambar berikut ini.

Related Post

Untuk mengatasinya berikan unsur hara sesuai gejala yang tampak pada daun tanaman tersebut.

  1. Kesalahan penempatan untuk pencahayaan

Tanaman yang kita budidayakan memiliki kebutuhan cahaya matahari yang berbeda, dari beberapa tanaman membutuhkan pencahayaan matahari yang banyak, dan beberapa tanaman yang lainnya justru tidak tahan dengan pencahayaan yang terlalu banyak. Maka dari itu sebelum membudidayakan sebuah tanaman sebaiknya pelajari terlebih dahulu karakteristiknya atau menanyakannya pada ahlinya, atau paling tidak belajar pada petani yang pernah membudidayakannya.

  1. Kepadatan media tanam

Kepadatan media tanam juga bisa berpengaruh pada daun yang menguning, misalnya pada media tanam dalam pot yang terlalu padat menyebabkan saat penyiraman airnya terlalu lama tergenang pada media tanam yang dapat mengakibatkan kuningnya daun. Sebaliknya jika media tanam terlalu longgar maka media tersebut tidak dapat menyimpan air sehingga tanaman kekeringan dan dapat pula mengakibatkan daun menguning. Maka dari itu jika membuat media tanam harus memiliki porositas yang tepat agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal. Adapun cara membuat media tanam yang baik sudah banyak dijelaskan pada artikel-artikel Kampus Tani sebelumnya.

Demikian ulasan mengenai Penyebab Daun Menguning dan Cara Mengatasinya pada bagian ke 2, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik, pestisida, bibit tanaman ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Kebun Indra Tarigan