Penyebab Daun Menguning dan Cara Mengatasinya (Bagian 1)

Bagi anda yang suka bercocok tanam baik itu dalam skala besar atau skala kecil tentu pernah mengalami daun menguning dan rontok bahkan kematian pada tanaman yang dibudidayakan. Hal ini bisa saja terjadi pada semua jenis tanaman baik itu tanaman hias, tanaman buah, tanaman sayur dan sebagainya.

Kejadian daun menguning ini mungkin terdengar sepele karena memang bisa juga disebabkan karena faktor umur dari daun itu sendiri, jadi secara alami daun akan gugur ketika sudah tua. Akan tetapi sebenarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab daun menguning, rontok dan mati.

Penyebab daun menguning ini setidaknya ada 9 hal, nah pada kesempatan kali ini akan kita ulas mengenai Penyebab Daun Menguning dan Cara Mengatasinya secara lengkap pada bagian pertama, berikut ini penjelasannya.

  1. Kelainan akar

Kelainan akar ini terbagi menjadi 2 yaitu akar yang terlalu padat dan akar yang busuk.

  •   Akar yang terlalu padat

Tanaman yang ditanam pada pot atau polybag dalam jangka waktu tertentu biasanya daun-daunnya akan menguning meskipun sudah diberikan penyiraman, pemupukan dan perawatan yang wajar. Ternyata permasalahannya adalah akar yang terlalu penuh dalam pot, yang mana ini akan berakibat pada tanaman yang sulit mendapatkan unsur hara, menyerap nutrisi, mendapatkan aerasi dan oksigen yang cukup sehingga daun tanaman menjadi menguning. Cara mengatasinya adalah melakukan repotting atau penggantian pot yang lebih besar atau jika tidak memilikinya bisa diatasi dengan melakukan pruning/pemangkasan akar dan ditanam kembali.

  •   Busuk akar

Daun menguning pada tanaman juga bisa terjadi karena busuknya akar akibat jamur, untuk mengatasinya harus dilakukan penanganan sejak dini sebelum serangan semakin parah. Caranya adalah dengan mencabut tanaman dan memangkas serta membuang bagian akar yang busuk kemudian merendamnya ke dalam larutan fungisida. Bahan larutan tersebut adalah 1-2 liter air dan 0,5 sendok teh fungisida seperti Antracol. Kemudian tanam kembali pada pot atau tempat yang baru agar tidak tertular kembali dengan jamur busuk akar.

Related Post
  1. Stres tanaman yang baru ditanam

Tanaman yang baru ditanam atau dipindah ke tempat yang baru memiliki kemungkinan mengalami daun menguning. Cara mengatasinya adalah, jika tanaman ditanam pada pot atau polybag dapat diletakkan pada tempat yang teduh dahulu untuk sementara waktu selama 1-3 minggu atau sampai tanaman beradaptasi yang ditandai dengan tanaman tumbuh baik, segar dan tumbuh tunas-tunas baru. Cara yang kedua yaitu dengan memberikan magnesium sulfat (MgSO4) atau garam inggris pada tanaman. Larutkan 1  sdm garam inggris dengan 2 liter air. Cara aplikasinya yaitu dengan menyiramkan pada media tanam atau menyemprotkannya ke tanaman dengan interval 1 minggu sekali pada tanaman yang baru dipindah tanam, dan manfaatnya tanaman akan hijau kembali.

  1. Kesalahan penyiraman

Kesalahan dalam penyiraman ini terbagi menjadi 2 yaitu kelebihan penyiraman sehingga tanaman kelebihan air dan kekurangan penyiraman sehingga tanaman kekurangan air. Cara mengetahuinya cukup mudah, yaitu dengan menusuk media tanam menggunakan jari, jika tanah masih lembab namun daun tanaman menguning kemungkinan terjadi kelebihan air dan jika media terlalu kering berarti tanaman kekurangan air, namun idealnya agar lebih tepat sebaiknya menggunakan soil tester atau alat ukur kelembaban tanah.

  1. Faktor pH tanah

Ph tanah atau tingkat keasaman tanah yang netral dan baik untuk tanaman berkisar antara 6-7 sehingga penyerapan unsur hara dan nutrisi  pada tanaman berjalan dengan baik. Ph tanah yang tidak netral seperti terlalu basa yaitu di atas 7 atau terlalu asam dibawah 6 maka tanaman akan sulit tumbuh, kerdil, daunnya kuning dan bahkan mengalami kematian. Untuk mengetahui tingkat keasaman tanah dapat menggunakan soil tester atau pH meter. Cara mengatasi tanah yang terlalu asam atau pH dibawah 6 adalah dengan memberikan kapur pertanian atau dolomit atau sebagai alternatif bisa juga menggunakan bubuk cangkang telur atau kapur tulis. Jika tanah terlalu basa cara mengatasinya adalah dengan memberikan bubuk belerang atau pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos. Dengan penambahan bahan-bahan tersebut ph tanah secara perlahan akan menjadi netral.

Demikian ulasan mengenai Penyebab Daun Menguning dan Cara Mengatasinya pada bagian pertama, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik, pestisida, bibit tanaman ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Kebun Indra Tarigan