Dalam budidaya tanaman tentunya tak lepas dari serangan hama, begitu juga dengan tanaman anggur. Hama yang sering menyerang tanaman anggur diantaranya adalah ulat grayak (spodoptera litura) dan belalang. Hama tersebut memakan daun pada tanaman anggur, sehingga pertumbuhan tanaman terganggu bahkan mati.

Serangan ulat grayak menyebabkan daun berlubang dan pertumbuhan tanaman terhambat. Biasanya ulat grayak menyerang secara berkelompok dengan jumlah banyak. Pada serangan parah menyebabkan tanaman anggur kerdil bahkan mati karena ulat grayak hanya menyisakan tulang daun dan batang tanaman. Daun yang dimakan ulat ini ditandai dengan dijumpainya kotoran dari ulat tersebut disekitar daun yang rusak. Ulat ini aktif menyerang pada sore hari.

Belalang menyerang dengan memakan daun-daun tanaman sehingga mengurangi luas permukaan daun dan mengganggu fungsi fisiologis dari tanaman yang diserang. Belalang ini aktif menyerang pada siang hari. Kerusakan daun ini berpengaruh terhadap produktivitas tanaman tersebut. Jika serangan belalang ini dalam jumlah populasi yang tinggi, daun tanaman yang diserang akan habis dimakannya.

Untuk itu Pengendalian Hama Tanaman Anggur harus dilakukan dengan cepat dan tepat, berikut ini penjelasannya:

  • Menjaga kebersihan kebun
  • Memangkas daun dan cabang agar tidak terlalu rimbun
  • Membuang ulat secara manual dengan tangan
  • Penyemprotan insektisida

Adapun jenis, dosis dan cara aplikasi insektisida untuk pengendalian ulat grayak dan belalang pada tanaman anggur adalah sebagai berikut :

Siapkan insektisida kontak berbahan aktif BPMC 500g/l dengan dosis 3-4 ml/liter air.

Campurkan ke dalam air sesuai dosis dan kebutuhan, aduk hingga merata, masukkan ke dalam sprayer. Semprotkan larutan insektisida tersebut ke seluruh bagian tanaman terserang, semprotkan pula pada tanaman yang belum terserang untuk pencegahan.

Hasil aplikasi insektisida biasanya dapat dilihat setelah 30 menit dari penyemprotan yang ditandai dengan jatuhnya ulat-ulat dari tanaman. Dan jika dalam 3 hari sejak penyemprotan masih terdapat serangan hama, penyemprotan dapat di ulang.

Demikian ulasan mengenai Pengendalian Hama Tanaman Anggur, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit anggur, insektisida, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN