Saat musim hujan tanaman durian rawan terserang berbagai penyakit diantaranya adalah penyakit hawar daun. Terlebih curah hujan yang tinggi dapat mengakibatkan kelembaban di sekitar tanaman meningkat sehingga memicu munculnya penyakit pada tanaman durian.

Penyakit hawar daun disebabkan oleh patogen berupa jamur fusarium. Gejala penyakit hawar daun ini yaitu terdapat hawar pada daun (seperti terkena air panas) berwarna coklat kehitaman dan dapat berkembang menjadi kering. Gejala ini dimulai dari ujung dan tepi daun dan berkembang ke seluruh bagian daun. Serangan yang parah dapat mengakibatkan ranting dan cabang menjadi kering, rapuh dan mati.

Serangannya acak pada ujung-ujung ranting hingga batang dan tidak menyeluruh pada daun tanaman.

Untuk mengendalikan penyakit hawar daun dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu pengendalian secara mekanis dan menggunakan fungisida.

  1. PENGENDALIAN SECARA MEKANIS

Pengendalian secara mekanis ini dilakukan dengan cara memangkas ranting dan cabang yang mati dan telah terinfeksi penyakit hawar daun, tujuannya agar serangan penyakit tidak menyebar ke ranting dan cabang tanaman yang lain.

Bersamaan dengan pemangkasan cabang terinfeksi, lakukan pula pruning pada cabang-cabang yang terlalu lebat agar cahaya matahari dapat leluasa dan menjangkau seluruh bagian tanaman.

Bakar atau buang jauh cabang yang terinfeksi yang telah dipangkas, jangan dibiarkan begitu saja dibawah pohon.

Lakukan pula penyiangan atau membersihkan area sekitar tanaman dari gulma agar tanaman tidak lembab.

  1. PENGENDALIAN MENGGUNAKAN FUNGISIDA  

Untuk mengendalikan penyakit hawar daun yang disebabkan oleh jamur fusarium, gunakanlah fungisida kontak dengan bahan aktif belerang 80%. Fungisida jenis ini banyak beredar di toko-toko pertanian. Untuk dosis dan cara penggunaannya silakan baca pada kemasan fungisida agar tepat dalam penggunaannya.

Adapun cara aplikasinya yaitu dilakukan dengan cara menyemprotkannya ke seluruh bagian tanaman.

Setelah 3 minggu dari perlakuan biasanya akan terlihat hasilnya, yaitu pertumbuhan tanaman dan juga daun yang lebih baik, tumbuh tunas- tunas baru dan penyakit hawar daun tidak lagi menyerang.

Demikian ulasan mengenai penyakit tanaman durian dan cara mengatasinya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit durian, fungisida, pupuk maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Sumber : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN