Cabe merah keriting merupakan tanaman budidaya yang sampai saat ini masih banyak ditanam oleh para petani, khususnya di Indonesia. Hal ini menandakan bahwa kebutuhan cabe merah keriting di pasaran masih cukup tinggi yang tentunya akan memberikan keuntungan lebih bagi para petani pembudidayanya.

Agar tanaman cabe merah keriting yang ditanam dapat tumbuh subur dan berproduksi secara optimal, pemupukan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan di samping melakukan perawatan intensif.

Pemupukan tanaman cabe merah keriting ini dilakukan sejak awal penanaman yaitu pupuk dasar dan juga pupuk susulan. Adapun jenis dan dosis pupuknya disesuaikan dengan usia dan pertumbuhan tanaman, dengan kata lain pemupukan harus tepat jenis, tepat dosis, tepat waktu dan tepat cara aplikasi.

Akan tetapi pada artikel kali ini KampusTani tidak akan mengulas secara keseluruhan mengenai pemupukan tersebut dalam satu artikel ini karena akan terlalu panjang, melainkan hanya akan mengulas mengenai pemupukan susulan pertama saja.

Untuk mengetahui cara pemupukan pertama tanaman cabe merah keriting meliputi jenis pupuk, dosis, waktu dan cara aplikasinya, silakan simak penjelasannya berikut ini.

JENIS PUPUK

Pupuk yang diberikan pada pemupukan susulan pertama tanaman cabe merah keriting adalah pupuk NPK Mutiara Sprinter 20:10:10 tanpa tambahan pupuk yang lain karena pupuk ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman cabe merah keriting pada awal pertumbuhannya atau fase vegetatif.

CARA APLIKASI PUPUKĀ  DAN DOSISNYA

Pemupukan susulan pertama pada tanaman cabe merah keriting ini dilakukan dengan cara dikocor atau disiramkan di sekitar pangkal tanaman.

Karena pupuk diaplikasikan dengan cara dikocor maka terlebih dahulu pupuk tersebut harus dilarutkan dengan air. Adapun dosisnya adalah 300-400 gram untuk dilarutkan ke dalam 50 liter air, untuk takaran yang lebih banyak atau lebih sedikit tinggal menyesuaikan dengan dosis tersebut.

Adapun dosis aplikasinya adalah 70 ml per pohon.

WAKTU APLIKASI PUPUK

Pemupukan susulan pertama pada tanaman cabe merah keriting dilakukan pada tanaman cabe merah keriting yang berumur 7 hari setelah penanaman di lahan. Dan setelah 7-10 hari dari pemupukan biasanya tanaman cabe sudah menunjukkan pertumbuhan yang lebih subur.

Demikian ulasan mengenai Pemupukan Pertama Tanaman Cabe Merah Keriting, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih cabe merah keriting, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Safeea Official