Musim hujan dengan curah hujan yang tinggi dengan kondisi lingkungan basah dan lembab memicu berkembangnya penyakit yang bisa merusak tanaman budidaya seperti penyakit busuk batang yang biasanya menyerang tanaman buncis muda.

Tanaman buncis yang terserang penyakit busuk batang pada pangkal batang yang bersinggungan dengan tanah akan busuk dan mudah patah. Penyakit ini disebabkan oleh serangan jamur.

Penyakit busuk batang ini biasanya terjadi pada musim hujan dengan curah hujan tinggi dimana lahan penanaman dan lingkungan menjadi lembab serta kurangnya cahaya matahari yang masuk pada areal penanaman, hal ini dapat berakibat tumbuh dan berkembangnya jamur. Terlebih pada tanaman buncis yang masih muda yang sangat rentan terserang penyakit ini.

Untuk mengetahui cara Pencegahan Busuk Batang Pada Tanaman Buncis, silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Penyakit busuk batang ini akan sangat merugikan bagi para petani, untuk itu jika saat awal penanaman curah hujan cukup tinggi, alangkah baiknya melakukan pencegahan sedini mungkin sebelum tanaman terserang.

Untuk pencegahan, salah satunya dapat dilakukan dengan mengaplikasikan fungisida dengan bahan aktif propineb. Fungisida yang dapat digunakan diantaranya adalah seperti merek dagang Antracol 70 WP.

Antracol 70 WP adalah fungisida kontak berbentuk tepung berwarna krem yang dapat digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis penyakit pada tanaman yang disebabkan oleh jamur/cendawan. Fungisida yang bekerja secara kontak ini memiliki sifat protektif dan cepat dalam mengendalikan penyakit jamur. Fungisida Antracol 70 WP berbentuk tepung dan berbahan aktif propineb 70%, dapat dilarutkan dengan air dan disemprotkan ke tanaman. Fungisida Antracol 70 WP bisa digunakan pada berbagai jenis tanaman, baik tanaman sayuran daun, sayuran buah, maupun tanaman buah dan tanaman perkebunan.

Dosis aplikasinya adalah 1,5 sendok makan untuk satu tangki penyemprotan kapasitas 14 liter, atau sesuaikan saja dengan dosis yang tertera pada label kemasan.

Lakukan penyemprotan pada tanaman buncis terutama pada pangkal batang untuk pencegahan busuk batang akibat jamur.

Penyemprotan ini dilakukan pada usia tanaman buncis 5 HST dimana tanaman rentan terserang jamur busuk batang, dan dilakukan sebelum melakukan pemupukan susulan pertama.

Demikian ulasan mengenai Pencegahan Busuk Batang Pada Tanaman Buncis, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli fungisida, benih buncis ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi:  Channel Youtube Agriculture grafting