Agar tanaman buncis yang ditanam dapat tumbuh subur dan berproduksi secara optimal, pemupukan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan di samping melakukan perawatan intensif.

Pemupukan tanaman buncis ini dilakukan sejak awal penanaman yaitu pupuk dasar dan juga pupuk susulan. Adapun jenis dan dosis pupuknya disesuaikan dengan usia dan pertumbuhan tanaman, dengan kata lain pemupukan harus tepat jenis, tepat dosis, tepat waktu dan tepat cara aplikasi.

Akan tetapi pada artikel kali ini KampusTani tidak akan mengulas secara keseluruhan mengenai pemupukan tersebut dalam satu artikel ini karena akan terlalu panjang, melainkan hanya akan mengulas mengenai pemupukan susulan pertama saja.

Untuk mengetahui cara pemupukan pertama tanaman buncis meliputi jenis pupuk, dosis, waktu dan cara aplikasinya, silakan simak penjelasannya berikut ini.

JENIS PUPUK DAN DOSISNYA

Pupuk yang diberikan pada pemupukan susulan pertama tanaman buncis adalah pupuk NPK Mutiara daun 20:10:10 dan pupuk KNO3 Merah. Sedangkan untuk dosisnya adalah 3:1, atau 3 bagian untuk pupuk NPK dan 1 bagian untuk pupuk KNO3 Merah. Kemudian campurkan dengan mengaduknya hingga merata.

CARA APLIKASI PUPUK

Pemupukan susulan pertama pada tanaman buncis dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan cara dikocor dan dengan cara ditabur.

Jika pupuk diaplikasikan dengan cara dikocor caranya adalah dengan melarutkan campuran kedua pupuk tersebut sebanyak 100 gram untuk 10 liter air.

Sedangkan untuk aplikasi dengan ditabur, caranya adalah dengan terlebih dahulu membuat lubang dengan cara ditugal dengan jarak 5-10 cm dari pangkal tanaman. Taburkan pupuk pada lubang tersebut kemudian tutup kembali. Tujuan dari pembuatan lubang tersebut adalah agar penyerapan pupuk lebih maksimal, terlebih pada musim hujan karena jika ditabur tanpa dibenamkan akan mudah larut terbawa air hujan.

WAKTU APLIKASI PUPUK

Pemupukan susulan pertama pada tanaman buncis dilakukan pada tanaman buncis yang berumur 7 hari setelah penanaman (penanaman dari biji).

Demikian ulasan mengenai Pemupukan Pertama Tanaman Buncis, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk, benih buncis ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Agriculture grafting