Salah satu masalah yang paling sering dihadapi dalam budidaya cabe adalah daun keriting, keriting yang terjadi pada daun cabe merupakan akibat dari serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dari golongan hama, setidaknya ada 3 jenis hama yang menyebabkan keriting pada tanaman cabe yaitu thrips, tungau dan aphids.

Ketiga hama ini merupakan jenis hama kutu-kutuan yang menyerang tanaman cabe baik itu saat pembibitan, masa pertumbuhan, bahkan saat tanaman cabe sudah berbuah.

Ketiga hama tersebut memang membuat daun cabe menjadi keriting, namun dampak serangannya sebenarnya berbeda-beda jika diperhatikan lebih teliti. Hama thrips dan tungau dapat menyebabkan daun cabe keriting dan rontok, sementara hama aphids biasanya tidak menyebabkan daun rontok.

Maka dari itu untuk mengatasi daun cabe keriting yang disebabkan oleh hama dilakukan dengan mengaplikasikan pestisida baik itu pestisida kimia atau organik. Akan tetapi pada artikel kali ini KampusTani akan membahas mengenai cara Mengatasi Daun Cabe Keriting Secara Organik, berikut ini penjelasan selengkapnya.

Sebagaimana pestisida kimia, pestisida organik digunakan sebagai pengendali hama dan penyakit tanaman. Hanya saja, pestisida organik dibuat dari bahan-bahan alami yang terdiri atas tumbuhan, hewan, ataupun mikroorganisme.

Karena bahan dasarnya bersifat alami, sisa-sisa pestisida organik yang tertinggal di tanah ataupun tanaman akan lebih mudah terurai dan hilang. Hal inilah yang membuat pestisida organik dianggap lebih ramah lingkungan dan relatif aman bagi kesehatan manusia dan hewan ternak.

Untuk Mengatasi Daun Cabe Keriting Secara Organik, salah satu bahan pestisida yang dapat digunakan adalah kunyit.

Kunyit atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan nama Curcuma domestica ini mempunyai banyak manfaat. Kunyit selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata bisa juga digunakan sebagai pestisida nabati yang berfungsi sebagai insektisida, fungisida dan untuk mencegah hama datang (repellent).

Kandungan yang terdapat di dalam rimpang kunyit cukup melimpah, seperti kurkumin, kurkumin, demetoksikurkumin, volatile oil (keton sesquiterpen, turmeron, zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sineol).

CARA MEMBUAT

Siapkan rimpang kunyit sebesar jari dan 0,5 liter air bersih. Haluskan rimpang kunyit dengan cara diparut, diblender atau bisa juga ditumbuk.

Masukkan kunyit yang telah dihaluskan tersebut ke dalam 0,5 liter air yang telah disiapkan, aduk hingga larut merata.

Diamkan terlebih dahulu selama 30 menit sebelum pestisida nabati dari bahan kunyit digunakan.

Untuk dosis yang lebih banyak, dapat menyesuaikan dengan takaran tersebut diatas.

CARA APLIKASI

Cara aplikasi pestisida organik berbahan kunyit ini adalah dengan cara menyemprotkannya menggunakan sprayer.

Sebelum digunakan, larutan pestisida kunyit ini sebaiknya disaring terlebih dahulu agar ampasnya tidak menyumbat lubang sprayer.

Setelah disaring, masukkan ke dalam sprayer dan siap untuk diaplikasikan. Cara aplikasinya adalah dengan menyemprotkannya ke seluruh bagian tanaman cabe yang terserang keriting daun, terutama pada bagian bawah daun dengan interval penyemprotan adalah 3 hari sekali.

Demikian ulasan mengenai cara Mengatasi Daun Cabe Keriting Secara Organik, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pestisida, pupuk, bibit tanaman ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Hijau Buah