Manfaat Silika Untuk Tanaman

Silika adalah unsur hara yang terbuat dari pasir silika yang diproses sedemikian rupa sehingga larut dalam air.

Tanaman yang banyak membutuhkan silika diantaranya adalah tanaman dari keluarga gramineae seperti padi, tebu, gandum, jagung dan sebagainya. Sedangkan tanaman yang lain juga membutuhkan silika namun dalam jumlah yang sedikit.

Silika banyak terdapat pada tanah yang lokasinya dekat dengan gunung berapi sehingga di daerah tersebut tidak perlu menggunakan pupuk silika.

Menurut penelitian menyatakan bahwa kandungan silika ini pada tanah mengalami kemerosotan.

Manfaat silika bagi tanaman sangatlah penting, namun masih banyak petani yang belum mengenal pupuk silika ini.   

Nah, apa saja manfaat silika untuk tanaman? Berikut ini uraiannya.

PENGUAT DINDING SEL

Silika pada tanaman diakumulasikan pada jaringan yang disimpan pada retikulum endoplasma dan dinding sel dan ruang antar sel. Sehingga tanaman yang diaplikasikan silika biasanya daunnya akan lebih tebal dan keras yang mana hal ini sangat menguntungkan bagi tanaman karena tanaman akan terlindung dari serangan hama penyakit. Selain itu kerontokan bunga juga akan berkurang dan juga tanaman akan lebih tahan terhadap kondisi kekurangan air ataupun cuaca ekstrim karena penguapan menjadi lebih sedikit.

MEMAKSIMALKAN PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN

Berdasarkan penelitian dan aplikasi di lapangan bahwa tanaman yang diaplikasikan silika memiliki kecepatan pertumbuhan yang sangat baik, karena silika mampu meningkatkan kapasitas fotosintesis pada tanaman. Indikatornya adalah laju pertumbuhan, tinggi tanaman yang lebih baik dan jumlah percabangannya lebih banyak jika dibandingkan tanaman tanpa aplikasi silika.

MEMAKSIMALKAN PERTUMBUHAN GENERATIF TANAMAN

Berdasarkan penelitian dan hasil aplikasi di lapangan bahwa tanaman yang memiliki kandungan silika cukup memiliki kemampuan untuk memproduksi buah yang lebih banyak.

Itulah beberapa manfaat dari unsur hara silika bagi tanaman. Namun manfaat dari penggunaan silika ini bisa maksimal manakala kebutuhan tanaman akan unsur hara yang lain dapat terpenuhi juga. Jadi sifatnya adalah saling mendukung, dengan demikian tidak bisa hanya dengan menggunakan silika saja dan hasilnya akan bagus jika tanpa menggunakan pupuk makro maupun mikro yang lain. Intinya pupuk silika ini adalah sebagai pupuk pendukung.

Adapun cara aplikasi atau penggunaan pupuk silika ini berbeda-beda pada setiap produknya, karena dari masing-masing produk tersebut memiliki kandungan silika yang berbeda. Maka dari itu cara aplikasi maupun dosisnya sesuaikan saja dengan saran yang tertera pada label kemasan pupuk silika yang digunakan.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Silika Untuk Tanaman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk, pestisida, benih tanaman maupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Dian Pertanian