Pupuk Gandasil B (buah) ini merupakan pupuk yang cukup familiar di kalangan petani karena pupuk ini sudah ada sejak dulu bahkan hingga saat ini juga masih banyak digunakan. Hal ini karena banyaknya manfaat yang diperoleh dari pupuk tersebut. Lantas apa saja manfaat pupuk Gandasil B untuk tanaman? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Untuk meningkatkan hasil panen dan untuk memperoleh buah yang bagus, banyak petani yang menggunakan pupuk Gandasil B sebagai pupuk majemuk pada tanaman. Manfaat dari penggunaan pupuk ini dapat dirasakan secara signifikan.

Pupuk Gandasil B ini merupakan papuk foliar (istilah bagi pupuk yang cara aplikasinya dilakukan dengan penyemprotan ke bagian daun) yang berbentuk butiran menyerupai kristal yang memiliki kegunaan untuk merangsang dan membantu pertumbuhan tanaman terutama pada bagian bunga sehingga tanaman lebih cepat berbuah.

Pupuk Gandasil B ini memiliki komposisi atau kandungan berupa Nitrogen 6%, Fosfor 20%, Kalium 30% dan Magnesium 3%. Jika melihat dari komposisinya, setidaknya pupuk ini memiliki 6 manfaat bagi tanaman, yaitu:

  1.   Meningkatkan Produktivitas Buah

Salah satu fungsi atau manfaat yang paing banyak dicari para pengguna pupuk Gandasil buah ini adalah untuk meningkatkan produktivitas buah. Seperti contoh pada tanaman padi, manfaat pupuk ini adalah menunjang pertumbuhan bunga dan buah sehingga akan menambah jumlah bulir padi dan tentunya hasil panen padi lebih banyak. Jika pupuk ini diaplikasikan pada bawang merah, akan membuat umbinya lebih cepat besar dan merah merona.

  1.   Mempertahankan Kesehatan Tanaman

Kandungan nutrisi seperti fosfor, kalium dan magnesium akan membuat tanaman mampu mempertahankan kesehatannya lebih lama.

  1.   Menambah Daya Tahan Tanaman

Selain mampu mempertahankan kesehatan tanaman, pupuk Gandasil B juga bermanfaat untuk menambah daya tahan anggota tubuhnya sehingga tidak mudah terserang hama serta penyakit.

  1.   Menambah Citarasa Buah

Manfaat dari pupuk Gandasil B  selanjutnya adalah mampu menambah citarasa buah menjadi lebih terasa. Misalnya, jika pupuk ini diaplikasikan pada tanaman mangga, maka hasilnya akan membuat mangga menjadi lebih manis.

  1.   Mencegah Kerontokan Bunga dan Buah

Kandungan magnesium yang terdapat pada pupuk ini mampu membuat buah lebih kuat menempel sehingga tidak mudah mengalami kerontokan. Hasilnya tanaman akan tetap berbuah lebat.

  1.   Bisa Diaplikasikan pada Semua Jenis Tanaman Buah

Pupuk gandasil B dapat diaplikasikan pada semua jenis tanaman, baik tanaman pangan seperti padi, jagung dan gandum. Atau tanaman kebun seperti rambutan, kelengkeng, mangga, jambu air dan juga pada tanaman hortikultura seperti kacang panjang, cabe, bawang merah dan sebagainya.

Cara penggunaan atau aplikasi pupuk gandasil buah ini cukup mudah, yaitu hanya dengan melarutkannya ke dalam air dan menyemprotkannya ke tanaman sesuai dosis.

Untuk dosisnya adalah 20 gram pupuk per 10 liter air. Jadi jika aplikasinya menggunakan tangki ukuran 16 liter, maka dosisnya adalah 32 gram.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Pupuk Gandasil B Untuk Tanaman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk Gandasil B ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube PEMUDA BERTANI