Tanaman bawang merah banyak menyerap unsur hara makro dari dalam tanah seperti nitrogen, fosfor dan kalium. Berbeda dengan tanaman padi yang banyak membutuhkan unsur nitrogen, sehingga setiap kali pemupukan pada tanaman padi harus diberi unsur nitrogen.

Sedangkan tanaman bawang merah hampir menyerap semua unsur hara seperti nitrogen, fosfor dan kalium. Namun biasanya seluruh  unsur hara tersebut tidak tersedia di dalam tanah, karena biasanya budidaya bawang merah ini dilakukan secara terus menerus.

Nah untuk itu pada artikel kali ini Kampus Tani akan memberikan informasi mengenai pupuk lengkap agar nantinya kebutuhan unsur hara makro maupun mikro dapat terpenuhi, sehingga hasil akhirnya tanaman bawang merah dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal.

Dalam budidaya bawang merah diperlukan pemupukan sebanyak 3 kali yaitu pada saat pengolahan lahan (pupuk dasar) dan saat pemeliharaan tanaman. Akan tetapi pada artikel kali ini Kampus Tani hanya akan membahas mengenai pemupukan dasar saja yaitu pemupukan pada saat pengolahan lahan. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai pupuk dasar bawang merah.

Dalam pemupukan dasar bawang merah ini, pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk bersubsidi maupun pupuk non subsidi, sehingga saat pupuk bersubsidi sedang langka maka dapat menggunakan pupuk non subsidi agar kebutuhan unsur hara tanaman bawang merah tetap terpenuhi.

JENIS PUPUK

Pupuk yang digunakan dalam pemupukan dasar bawang merah ini adalah pupuk NPK 16-16-16 dengan dosis 500 kg/Ha, SP-36 dengan dosis 50-100 kg/Ha dan pupuk ZK 30-60 kg/Ha. Pupuk ZK ini sebagai pengganti pupuk KCL karena tanaman bawang merah sangat sensitif terhadap zat klorida pada pupuk KCL, sehingga jika diaplikasikan dapat mengakibatkan bawang merah cepat membusuk.

CARA DAN WAKTU APLIKASI

Cara aplikasinya adalah dengan terlebih dahulu mencampurkan ke 3 pupuk tersebut di atas sesuai dosis yang dianjurkan sebagaimana disebutkan di atas.

Taburkan pupuk di atas bedengan secara merata 2-3 hari sebelum dilakukan penanaman bibit bawang merah.

Demikian ulasan mengenai pupuk dasar bawang merah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk, bibit bawang merah ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Pawon Youtube