Manfaat Air Kelapa Untuk Pertanian

Dalam dunia pertanian organik tentu tidak lepas dari pemanfaatan bahan organik dalam prosesnya, baik itu dalam proses pembuatan pupuk organik, pestisida organik maupun media tanam organik.

Dari berbagai macam bahan organik yang biasa dimanfaatkan oleh petani organik adalah air kelapa, dimana air kelapa tersebut salah satunya dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pupuk organik.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami ulas penjelasan mengenai Manfaat Air Kelapa Untuk Pertanian secara lengkap.

Air kelapa dalam dunia pertanian dianggap sebagai air ajaib, mengapa demikian? Karena air kelapa ini sangat kaya akan kandungan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman diantaranya adalah:

  • Unsur hara makro primer, misalnya N, P dan K atau nitrogen, phospat dan kalium, nah ketiga unsur hara tersebut meskipun dalam kadar yang sedikit namun ketiganya ada dalam air kelapa ini.
  • Enzim auksin dan giberelin, auksin akan bermanfaat sekali untuk menunjang pertumbuhan akar tanaman di dalam tanah. Jika satu tanaman mendapat akses yang baik terhadap auksin maka perakaranya akan menjadi baik. Sedangkan giberelin jika diaplikasikan pada tanaman maka proses pembelahan sel serta perpanjangan sel akan berjalan dengan baik.

Dengan kandungan yang dimilikinya maka air kelapa ini sangat baik sekali untuk dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan pupuk vegetatif tanaman. Dalam hal ini penggunaan utama air kelapa bukanlah untuk memperoleh unsur N, P dan K karena unsur tersebut dapat diperoleh dari bahan-bahan organik lainnya. Namun untuk mendapatkan enzim-enzim tersebut diatas yang belum tentu terdapat pada bahan lainnya.

Related Post

Ada banyak penelitian yang telah dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh dari penggunaan air kelapa untuk daya tumbuh tanaman. Misalnya ada satu penelitian tentang penggunaan air kelapa untuk tanaman sayur hijau-hijauan, ternyata tanaman yang diberi air kelapa cukup memadai akan memiliki bobot yang lebih serta panjangnya daun, yang mana hal tersebut tentunya akan menjadi nilai tambah bagi sayur tersebut.

Penelitian yang lain menyebutkan bahwa adanya hubungan positif atau pengaruh yang baik dari penggunaan air kelapa sebagai bahan pupuk pada tanaman padi, yaitu dapat menaikkan bobot padi. Dalam hal bobot padi ini ada 2 hal yang keberadaannya ditunjang dengan penggunaan air kelapa, yang pertama adalah jumlah anakan padi yang nantinya akan menentukan jumlah malai yang keluar. Sedangkan yang kedua adalah bobot basah dan bobot kering dari padi yang dipanen.

Artinya penggunaan air kelapa ini adalah bagian penting dari kita yang ingin mencari sumber daya berupa unsur hara makro dan enzim secara sekaligus.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Air Kelapa Untuk Pertanian, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Ensiklo