Dalam budidaya tanaman vanili banyak hal yang harus diketahui dan dipelajari agar dapat membudidayakannya dengan benar sehingga dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal. Diantara hal yang harus diketahui adalah jenis akar dari tanaman vanili tersebut beserta fungsinya.

Akar tanaman vanili dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu akar utama (pencari makanan), akar sekunder (semi pencari makanan), akar udara dan akar rambat/akar pegangan.

Untuk mengetahui jenis akar vanili dan fungsinya silakan simak penjelasannya berikut ini:

  1.   Akar Utama (pencari makan)

Seperti namanya, akar utama adalah akar yang sangat berperan penting bagi tanaman vanili dalam mencari makanan. Akar utama ini adalah akar yang tumbuh di dalam tanah dari pangkal tanaman. Mengingat pentingnya peranan dari akar ini maka keberadaan akar utama ini tidak bisa diganggu agar tanaman dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal.

 

  1.   Akar Semi Pencari Makan

 Akar semi pencari makan ini adalah akar yang tumbuhnya pada ruas atas namun tumbuh menjalar dan memanjang hingga ke tanah, akar ini bertugas untuk membantu akar utama dalam mencari makanan. Akar semi pencari makan ini tumbuh karena dalam pertumbuhannya tanaman vanili dituntut untuk banyak akar dalam membantu mencari makanan.

  1.   Akar Udara

Akar udara ini adalah akar yang tumbuh di sepanjang ruas tanaman vanili namun tidak menempel pada tiang rambatan.

  1.   Akar Rambat

Akar rambat ini adalah akar yang juga tumbuh di sepanjang ruas tanaman vanili namun keberadaannya menempel pada tiang rambatan yang berfungsi sebagai pegangan tanaman dalam merambat pada tiang rambatan. Terkadang akar rambat ini juga merubah dirinya menjadi akar semi pencari makan, karena semakin besar tanaman, semakin besar pula kebutuhan makanan yang dibutuhkan, dan akar inilah yang akan membantunya.

Secara garis besar faktor pendorong tumbuhnya akar semi pencari makan ini ada 2 hal, yang pertama adalah bahwa karena memang pertumbuhan tanaman vanili menuntut pertumbuhan akar yang lebih banyak untuk mencari makan. Sedangkan faktor yang kedua adalah karena akar utama pencari makan terganggu baik itu karena terpotong, gangguan hewan liar dan sebagainya.

Dari 4 jenis akar tersebut, ada 2 macam akar yang sama sekali tidak boleh terganggu yaitu akar pencari makan dan akar semi pencari makan. Jika kedua akar ini terganggu maka pertumbuhan tanaman vanili juga akan terganggu, karena kedua akar inilah yang bertugas menyuplai makanan.

Sedangkan 2 akar lainnya yaitu akar udara dan akar rambat bisa dipangkas bahkan untuk proses pembuahan, akar udara harus dipangkas guna untuk mematangkan sulur agar siap berbuah atau biasa disebut dengan stresing.

Demikian ulasan mengenai jenis akar vanili dan fungsinya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

 Untuk membeli benih vanili ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

 

Referensi: Channel Youtube PPV Indonesia