Perawatan tanaman vanili agar cepat berbuah dapat dilakukan dengan 4 tahapan dasar yaitu penyiraman, pemangkasan, penyemprotan pestisida dan pemupukan, berikut ini penjelasannya:

  1.   PENYIRAMAN

Penyiraman dilakukan dengan menyesuaikan dengan kondisi tanah, kondisi tanah yang baik untuk tanaman vanili adalah tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah.

Sebelum melakukan penyiraman, perhatikanlah terlebih dahulu kondisi tanah. Penyiraman dilakukan sesuai tingkat kekeringan tanah. Usahakan tanah tidak terlalu kering namun juga tidak terlalu basah. Saat musim hujan penyiraman cukup dilakukan sekali, bahkan tidak perlu menyiramnya apabila kondisi tanah masih lembab. Pada kondisi normal, penyiraman tanaman vanili dilakukan sebanyak 2 kali sehari dengan menyesuaikan kekeringan tanah. 

Tanaman vanili tidak menyukai atau tidak tahan dengan tanah yang terlalu kering, maka dari itu untuk menjaga kelembaban tanah agar tidak mudah kering dapat disiasati dengan memasang mulsa atau bahan organik di sekitar pangkal tanaman vanili tersebut.

Tanaman vanili juga tidak menyukai tanah yang terlalu basah, maka dari itu untuk menghindari tanaman tergenang air berlebihan caranya adalah dengan mengatur drainase yang baik seperti contoh membuat parit-parit agar air dapat mengalir dengan baik dan tidak tergenang terutama pada saat musim hujan.

Selain itu tanaman vanili juga tidak menyukai terik matahari yang terlalu panas. Untuk mengatasinya yaitu dengan menaunginya dengan paranet atau merambatkannya pada pohon yang rindang.

  1.   PEMANGKASAN

Agar pupuk yang diberikan pada tanaman vanili dapat memberikan manfaat yang optimal pada tanaman, maka perlu dilakukan pemangkasan. Karena semakin banyak cabang semakin banyak pula daun sehingga membutuhkan banyak nutrisi yang dapat berakibat pada pembuahan yang tidak maksimal karena nutrisi dibagi pada daun dan tunas baru, sehingga pemangkasan merupakan hal mutlak yang perlu dilakukan. Pemangkasan itu sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu:

  •   Pemangkasan Bentuk

Pemangkasan bentuk dilakukan dengan cara memangkas sepanjang 15 cm pada ujung tanaman vanili yang dilengkungkan dan menyisakan 3 cabang baik yang dipelihara.

  •   Pemangkasan Produksi

Tanaman vanili pada umumnya mulai berbunga pada umur 24-36 bulan setelah tanam, namun keluarnya bunga ini perlu dirangsang terlebih dahulu dengan cara pemangkasan. Potonglah 2-3 ruas pucuk tanaman menjelang musim berbunga (2-4 bulan sebelumnya) dan lakukan juga pemotongan pucuk setelah berbunga untuk menyempurnakan pembuahan.

  •   Pemangkasan Peremajaan

Pemangkasan ini dilakukan setelah panen yaitu dengan memotong cabang-cabang yang telah selesai berbuah untuk merangsang tumbuhnya tunas-tunas baru.

 

  1.   PENYEMPROTAN PESTISIDA

Agar tanaman vanili yang ditanam dapat berproduksi optimal dan bagus salah satunya adalah dengan menghindarkannya dari serangan hama dengan cara menyemprotkan pestisida.

 

  1.   PEMUPUKAN

Pemupukan merupakan hal yang sangat penting agar tanaman vanili lebih cepat berbuah.

Tanaman vanili sebaiknya dibudidayakan secara organik dengan memberikan pupuk kandang sapi atau kambing sebanyak 5-10 kg/pohon pada awal dan akhir musim penghujan. Apabila tidak dibudidayakan secara organik, pemupukan dapat ditambah dengan pupuk anorganik berupa pupuk daun maupun pupuk yang diberikan melalui tanah.

Pupuk daun diberikan setiap 1-2 minggu sekali. Selama musim penghujan pupuk diberikan pada pagi hari dan sore hari pada saat udara cerah. Dosis pupuk daun yang diberikan 8-10 g/liter air tergantung kondisi tanaman. Pemupukan melalui tanah diberikan pada awal dan akhir musim penghujan. Pemberian pupuk dilakukan dengan disebar secara merata di daerah perakaran vanili kemudian ditutup dengan tanah. Dosis pupuk untuk tanaman berumur kurang dari dua tahun adalah 20-40 g urea, 35-70 g TSP dan 40-80 g KCl per tahun. Untuk tanaman berumur lebih dari dua tahun adalah 40-80 g urea, 70-140 g TSP, dan 80-160 g KCl per tahun.

Demikian ulasan mengenai perawatan tanaman vanili agar cepat berbuah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman vanili ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

 

Referensi: Channel Youtube  ATFA Studio