Penentuan jarak tanam yang ideal bagi tanaman durian baik itu untuk skala kebun dengan penanaman dalam jumlah banyak atau penanaman dalam jumlah sedikit seperti di pekarangan rumah, itu sangat menentukan perkembangan tanaman pada masa-masa yang akan datang, sebab dengan jarak tanam yang ideal dalam jangka panjang diatas 8-10 tahun baru akan diketahui dampaknya. Jika jarak tanam terlalu renggang lahan akan mubazir namun jika terlalu rapat juga bisa menimbulkan beberapa kerugian misalnya akan terjadi kompetisi akar dalam berebut unsur hara dari tanah, ujung cabang antar tanaman akan saling bersentuhan yang akan menyebabkan cabang dan tanaman tidak berkembang dengan baik, sinar matahari tidak bisa masuk sehingga dapat menyebabkan berkembangnya hama penyakit terutama tumbuhnya jamur karena terlalu lembab, yang bisa berdampak pada  produktivitas tanaman yang tidak optimal.

Berikut ini penjelasan mengenai jarak tanam durian yang ideal :

Jenis atau varietas tanaman durian yang akan ditanam menentukan jarak tanam yang akan diterapkan.

Untuk varietas yang mempunyai percabangan memanjang ke samping atau pertumbuhannya condong ke samping tentunya membutuhkan jarak tanam yang lebih renggang.

Jarak tanam untuk tanaman durian yang baik adalah 10×10 meter atau 12×12 meter dengan sistem penanaman baris lurus atau zigzag.

Dari kedua sistem penanaman tersebut masing masing memiliki kelebihan kekurangan.

Pada penanaman dengan sistem baris lurus akan terlihat lebih rapi sehingga memudahkan mobilitas untuk berjalan disekitar tanaman saat melakukan pemantauan maupun pengangkutan pupuk, hasil panen atau yang lainnya.

Sedangkan pada penanaman sistem zigzag memiliki kelebihan yaitu lebih efisien dalam penggunaan tempat, sinar matahari dapat masuk lebih leluasa karena jarak kanopi tanaman lebih renggang, akan tetapi terlihat tidak rapi sehingga mobilitas agak sulit.

Sedangkan jarak tanam untuk penanaman di pekarangan rumah, untuk penanaman 1,2 tau 3 pohon harus memperhatikan 3 aspek, yaitu sinar matahari, jarak tanaman dengan bangunan atau pagar dan jarak  tanam dengan pohon lain.

Sinar matahari

Tanaman durian membutuhkan sinar matahari sekitar 10 jam per hari, maka dari itu tanamlah durian pada tempat yang bisa tersinari matahari sepanjang hari dan tidak terhalang oleh bangunan, tanaman lain ataupun hal lain yang bisa menghalangi sampainya sinar matahari pada tanaman durian.

Jarak tanaman dengan bangunan dan pagar

Jarak tanaman dengan bangunan dan pagar minimal 4 meter, tujuannya agar tanaman lebih leluasa dalam menerima sinar matahari dan perakaran dapat optimal dan leluasa dalam memperoleh unsur hara dari dalam tanah dan juga agar bangunan tidak beresiko rusak oleh adanya perakaran saat tanaman sudah tumbuh besar.

Jarak  tanam dengan pohon lain

Jarak tanaman durian dengan tanaman/pohon besar lainnya minimal 6 meter, karena jika jarak terlalu rapat akan terjadi perebutan unsur hara dan menghalangi tanaman durian dalam mendapatkan sinar matahari.

Demikian ulasan mengenai jarak tanam durian yang ideal, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit durian, maupun perlengkapan pertanian  lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Kebun Dumont