Cara Turun Cangkok Jeruk Kasturi

Pada artikel sebelumnya telah kita bahas mengenai bagaimana cara mencangkok jeruk kasturi secara lengkap, dan pada artikel kali ini kita akan bahas mengenai cara turun cangkok jeruk kasturi tersebut untuk ditanam.

Cangkokan jeruk kasturi yang sudah siap dipotong untuk ditanam ditandai dengan cangkokan jeruk kasturi yang sudah berumur 2 bulan atau sudah tumbuh banyak akar, hal ini biasa disebut dengan turun cangkok.

Nah, dalam melakukan turun cangkok ini harus dilakukan dengan benar agar cangkokan dapat tumbuh baik dan optimal menjadi tanaman baru. Untuk mengetahui bagaimana cara turun cangkok jeruk kasturi yang baik dan benar, berikut ini kami ulas penjelasannya.

Sebagaimana sudah diterangkan di atas bahwa setelah cangkokan jeruk kasturi berumur 2 bulan atau sudah tumbuh banyak akar itu artinya cangkokan sudah dapat dipotong untuk ditanam.

Namun dalam melakukan turun cangkok ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar saat cangkokan dipotong dan ditanam dapat tumbuh optimal dan tidak malah mati. Karena tidak jarang terjadi dalam turun cangkok ini, saat cangkokan dipotong masih tumbuh dengan baik, namun setelah ditanam justru mati. Maka dari itu agar tidak terjadi hal demikian proses turun cangkok sampai penanaman harus dilakukan dengan benar.

Hal yang harus diperhatikan pertama adalah usia cangkokan, yaitu paling tidak sudah 2 bulan atau ditandai dengan akar yang telah banyak tumbuh. Jika cangkokan sudah menunjukkan demikian berarti sudah siap dipotong.

Potong cangkokan dari pohon induknya dengan memangkas beberapa sentimeter dibawah cangkokan. Pangkas ranting di bawah cangkokan (jika ada) dan ranting yang berada tepat diatas cangkokan agar mempermudah proses penanaman.

Selanjutnya buka plastik yang membungkus cangkokan, proses ini harus dilakukan dengan penuh kehati—hatian, karena jika tidak justru dapat merusak akar yang telah tumbuh pada cangkokan.

Setelah plastik berhasil dibuka, selanjutnya adalah menyiapkan media tanam dan wadahnya. Media tanam yang digunakan yaitu tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1, campurkan dengan mengaduknya hingga merata. Masukkan media tanam tersebut ke dalam wadah yaitu berupa polybag hingga 1/3 nya.

Lalu masukkan bibit cangkokan dan posisikan tepat di tengah, timbun menggunakan media yang sama hingga penuh. Agar bibit erat tertanam lakukan pemadatan secara perlahan hanya di pinggir dalam polybag saja, jangan di tengahnya karena dapat merusak perakaran.

Lakukan penyiraman secukupnya, dan letakkan di tempat yang teduh, misalnya di bawah pohon yang masih sedikit memperoleh sinar matahari.

Demikian ulasan mengenai cara turun cangkok jeruk kasturi, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit jeruk kasturi maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Hijau Buah

Bacaan Terkait