Bougenville atau bunga kertas merupakan salah satu tanaman hias populer. Bentuknya berupa pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian bunga, walaupun bunganya yang benar adalah bunga kecil yang terlindung oleh seludang. Tanaman bunga bougenville ini  mempunyai bagian tanaman yang berwarna-warni. Oleh karena itu, bunga kertas menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya.

Diantara jenis tanaman bunga bougenville adalah bougenville variegata.

Variegata merupakan suatu tanaman atau lebih tepatnya adalah bagian dari suatu tanaman yang memiliki perbedaan warna dengan warna aslinya, yang pada umumnya letaknya berdampingan pada satu bagian tubuh tanaman. Variegata diekspresikan dalam bentuk bagian tanaman berupa belang atau bercak warna yang berbeda dengan warna aslinya.

Sedangkan pada tanaman bougenville variegata ini memiliki daun berwarna hijau dengan corak putih yang berbeda dengan daun bougenville pada umumnya yang berwarna hijau, sehingga tanaman ini tampak lebih menarik.

Jika anda tertarik untuk membudidayakan bunga bougenville variegata ini, langkah awalnya adalah dengan mempersiapkan bibitnya. Bibit tanaman bunga bougenville variegata selain dapat diperoleh di toko-toko pertanian seperti SentraTani.com anda juga dapat membuatnya sendiri dari tanaman yang sudah ada dengan cara distek. Stek adalah salah satu cara untuk menumbuhkan bagian atau potongan dari tanaman, sehingga akan tumbuh menjadi tanaman yang baru.

Untuk mengetahui cara stek bougenville variegata silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • Pucuk ranting atau dahan bougenville variegata yang sehat, terhindar dari serangan hama dan penyakit dan juga merupakan tanaman yang subur.
  • Obat stek berupa Root Up. Root up merupakan hormon perangsang akar pada perbanyakan vegetatif (cangkok atau stek). Root up mengandung fungisida untuk mencegah jamur, infeksi dan berbagai penyakit di bagian yang terluka / terkena sayatan. Root Up berbentuk tepung bubuk putih, mengandung auksin yang merupakan zat pengatur tumbuh (ZPT).
  •  Media tanam stek berupa tanah subur dan arang sekam.
  • Wadah media tanam berupa gelas plastik bekas air mineral atau wadah sejenis lainnya.
  • Plastik transparan dan karet untuk menyungkup.
  • Pisau atau gunting dahan.

LANGKAH-LANGKAH PENYETEKAN

Masukkan media tanam yaitu cocopeat tersebut ke dalam wadah yang telah disiapkan, yaitu berupa gelas plastik bekas air mineral atau wadah sejenis lainnya, siram cukup hingga lembab saja, jangan sampai berlebihan.

Potong ujung batang/ranting kelengkeng yang akan distek dengan panjang kurang lebih 20-30 cm, pangkas daun bagian bawah dan sisakan beberapa di ujungnya.

Runcingkan atau sayat miring pada pangkal batangnya untuk memperluas area tumbuhnya akar.

Oleskan obat stek root up yang telah dicampur dengan sedikit air, aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pada pangkal batang, dan diamkan sejenak hingga kering.

Setelah kering, tancapkan batang stek pada media yang telah disiapkan, sedikit padatkan agar batang stek erat tertanam dan tidak goyang, kemudian siram media menggunakan air cukup hingga media lembab saja.

Sungkup menggunakan plastik transparan, ikat sungkup pada gelas plastik wadah media menggunakan tali karet.

Letakkan pada tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Setelah stek berumur kurang lebih 2-4 minggu, biasanya sudah mulai tumbuh tunas dan akar, akar akan terlihat jika wadah penyetekan menggunakan gelas bekas air mineral atau wadah transparan lainnya.

Demikian ulasan mengenai cara stek bougenville variegata, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit bougenville variegata, obat stek ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Tanaman Buah