Benih paprika berkualitas saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian, akan tetapi untuk menunjang keberhasilan budidayanya selain benih yang berkualitas tentunya perlu adanya teknik penyemaian benih untuk mendapatkan bibit tanaman yang bagus, sehingga saat dipindah tanam pada lahan, bibit tidak stres dan dapat tumbuh optimal, karena sebelum ditanam, benih paprika harus disemai terlebih dahulu. Di samping itu dengan proses penyemaian terlebih dahulu akan diperoleh keseragaman tanaman dan pertumbuhan tanaman yang kompak dan seragam.

Untuk penjelasan mengenai cara semai benih paprika adalah sebagai berikut :

Tiga hari sebelum semai, media persemaian yaitu berupa arang sekam dijenuhkan dengan larutan fungisida Previcur 1ml/L dan ditutup menggunakan mulsa selama tiga hari.

Benih paprika direndam di dalam air suam-suam kuku selama 30 menit lalu ditiriskan di atas bak plastik.

Setelah tiga hari, media persemaian dimasukkan ke dalam baki persemaian atau pot tray semai lalu dibasahi dengan air bersih.

Pada media semai dibuat lubang semai dengan jarak 2 cm tiap lubang atau jika menggunakan bak yang sudah memiliki ruang seperti pot tray, maka tidak perlu membuat jarak lubang lagi.

Benih paprika yang sudah direndam dengan air hangat, ditempatkan satu per satu pada setiap lubang semai sedalam 0,5 cm menggunakan pinset dengan bakal tunas (lembaga) harus menghadap ke bawah.

Benih dalam baki persemaian ditutup dengan menggunakan kertas tisu. Kertas tisu disemprot dengan air bersih menggunakan penyemprot tangan. Selanjutnya benih disimpan dalam meja persemaian pada suhu 20°C-25°C dengan kelembaban udara 70%-90%.

Kelembaban kertas tisu dan media semai diperiksa setiap hari jika kelembaban kurang maka media disemprot dengan menggunakan air bersih.

Pada umur 5-7 hari setelah semai, pada umumnya benih telah berkecambah yang ditandai dengan tumbuhnya tunas dan pada waktu tersebut kertas tisu juga dibuka.

Pada umur 10-12 hari setelah semai dan bibit telah tumbuh rata (mempunyai dua helai daun), baki persemaian diletakkan di tempat terbuka, dan biarkan beradaptasi dengan lingkungan selama 2-3 hari.

Penyiraman bibit dengan air bersih dilakukan dengan menggunakan hand sprayer.

Bibit paprika hasil persemaian sudah dapat dipindah pada lahan setelah berumur sekitar 3 minggu setelah semai.

Demikian ulasan mengenai cara semai benih paprika, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih paprika ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan  kunjungi SentraTani.com

Referensi : sumut.litbang.pertanian.go.id