Jeruk pamelo atau biasa disebut dengan jeruk bali, sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, buah jeruk dengan ukuran besar ini memiliki kulit buah yang sangat tebal, berpori-pori, berwarna hijau. Dengan daging buah berwarna pink yang bulirnya berukuran besar. secara ilmiah jeruk pamelo memiliki nama Citrus grandis.

Perbanyakan tanaman buah jeruk pamelo dapat dilakukan dengan cara generatif ( dari biji ) dan vegetatif ( grafting/sambung pucuk, stek, cangkok ).

Pada kesempatan kali ini akan kita ulas mengenai cara perbanyakan tanaman secara vegetatif menggunakan teknik grafting atau sambung pucuk.

Grafting adalah teknik hortikultura dengan menggabungkan jaringan tanaman sehingga dapat melanjutkan pertumbuhan secara bersama. Bagian atas tanaman gabungan disebut batang atas sedangkan bagian bawah disebut batang bawah.

Perbanyakan tanaman menggunakan teknik grafting ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah memperoleh bibit dengan kualitas serta sifat-sifat yang sama dengan tanaman induknya.

Berikut ini ulasan mengenai Cara Sambung Pucuk Jeruk Pamelo.

  • Siapkan alat-alatnya berupa pisau tajam yang steril, tali pengikat berupa plastik grafting atau bisa juga menggunakan plastik es
  • Siapkan batang bawah, biasanya didapatkan dari hasil semai biji, dan sudah dipindahkan kedalam polybag, pilih yang pertumbuhannya baik, sehat dan tinggi sekitar 60 cm
  • Pilih entres atau batang atas yang bagus dan dipilih dari dari pohon yang sudah tua, memiliki buah yang lebat dan terbebas dari hama dan penyakit. Pilih entres dari cabang yang ujungnya tidak sedang tumbuh ( tidak terdapat daun muda/cabang dorman) dan potong di atas ruas yang terakhir.
  • Potong entres dengan panjang sekitar 20-25 cm, kemudian pangkas semua daunnya untuk mengurangi penguapan dan tidak stres.
  • Potong batang bawah setinggi kurang lebih 20 cm dari permukaan tanah
  • Belah batang bawah sekitar 2 cm, tidak harus ditengah akan tetapi cukup di pinggir saja
  • Entres yang sudah siap untuk disambungkan kemudian disayat kanan kirinya agar membentuk baji dan sisipkan pada belahan batang bawah, upayakan ukuran batang atas dan bawah kurang lebih sama
  • Ikat sambungan menggunakan plastik es dengan cara tarik plastik terlebih dahulu agar memanjang, ikat sambungan dan sungkup menggunakan plastik es lainnya, pengikatan sambungan tidak terlalu lemah dan tidak terlalu kuat, sehingga tidak terjadi kerusakan jaringan.
  • Letakkan di tempat yang teduh

Demikian ulasan mengenai Cara Sambung Pucuk Jeruk Pamelo yang bisa anda praktekkan sendiri, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit jeruk ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com