Dalam melakukan pemupukan pohon pisang ada banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari jenis pupuk, dosis pupuk, cara aplikasi, waktu aplikasi, interval pemupukan serta teknik yang diterapkan pada saat pemupukan agar manfaat pupuk dapat optimal diserap oleh tanaman pisang.

Untuk mengetahui cara pemupukan pohon pisang selengkapnya, silakan simak penjelasannya berikut ini.

Sebagaimana pemupukan pada tanaman pertanian lainnya, dalam melakukan pemupukan tanaman pisang ini harus memenuhi 4 tepat yaitu tepat jenis pupuk, tepat dosis, tepat waktu serta tepat cara aplikasinya sehingga pupuk dapat memberikan manfaat yang optimal bagi tanaman.

Pemupukan dalam budidaya tanaman pisang dilakukan setiap 3 bulan sekali atau 4 kali dalam satu tahun, berikut ini perinciannya

  1. Pemupukan pertama dilakukan 1-2 bulan setelah penanaman. Pupuk yang diberikan per rumpun tanaman pisang yaitu pupuk Urea 150 gram, SP 36 100 gram, KCL 200 gram.
  2. Pemupukan ke-2 dilakukan pada bulan ke 3-4. Dosis dan jenis pupuk yang diberikan adalah Urea 150 gram, SP 36: 100 gram, KCL 450 gram.
  3. Pemupukan ke-3 dilakukan pada bulan ke 6-7. Dosis dan jenis pupuk yang diberikan adalah Urea 150 gram, SP 36 100 gram, KCL 450 gram
  4. Pemupukan ke-4 dilakukan pada bulan ke 9-10. Dosis dan jenis pupuk yang diberikan adalah Urea 150 gram, SP 36 100 gram, KCL 450 gram.

Adapun cara aplikasi pupuknya adalah dengan membuat lubang berbentuk lingkaran atau lubang melingkari rumpun pisang dengan jarak sekitar 50 cm dari pangkal batang untuk tanaman berumur 1-3 bulan dan 60-70 cm untuk tanaman berumur 4 bulan ke atas (sesuaikan dengan besarnya rumpun pisang).

Dalam pembuatan lubang ini jangan terlalu dalam cukup 10-15 cm saja agar tidak mengganggu perakaran, karena tanaman pisang tidak memiliki akar tunggang melainkan hanya akar serabut yang tidak menjalar terlalu dalam dan tidak terlalu jauh dari permukaan tanah. Campurkan ketiga bahan pupuk sesuai dosis hingga merata kemudian taburkan pupuk tersebut melingkar sesuai lubang yang telah dibuat kemudian tutup kembali.

Jenis pupuk, dosis dan periode pemupukan tersebut diatas berlaku untuk semua jenis tanaman pisang.

Demikian ulasan mengenai Cara Pemupukan Pohon Pisang, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit pisang, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Husain _ Uche