Cara Merawat Bunga Mawar

Setelah tanaman bunga mawar ditanam, perawatan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dan berbunga dengan optimal.

Nah apa saja perawatan yang harus dilakukan? Berikut ini penjelasan mengenai cara merawat bunga mawar selengkapnya.

Untuk melakukan perawatan pada tanaman bunga mawar, ada beberapa poin yang bisa dilakukan meliputi penyiraman, penempatan/lokasi penanaman, pemupukan, pengendalian OPT dan pemangkasan.

PENYIRAMAN

Penyiraman pada tanaman bunga mawar sebaiknya dilakukan 2 kali sehari pada musim kemarau, sedangkan pada musim hujan dapat dilakukan 2-3 hari sekali. Tidak perlu khawatir melakukan penyiraman dengan intensitas tersebut akan berakibat busuk akar tanaman, asalkan media tanamnya terutama penanaman dalam pot merupakan media yang porous, sehingga kelebihan air penyiraman dapat keluar dan tidak tergenang dalam waktu yang lama di dalam pot.

PENEMPATAN TANAMAN

Tempatkan tanaman bunga mawar di lokasi yang cukup sinar matahari dan bebas polusi. Tanaman bunga mawar seharusnya memperoleh sinar matahari minimal 6-8 jam setiap hari, misalkan lebih dari itu tidak menjadi masalah bahkan semakin bagus.

Tempatkan pula tanaman bunga mawar tersebut di lokasi yang jauh dari gangguan baik itu polusi seperti asap dan debu ataupun gangguan dari hewan dan sebagainya.

PEMUPUKAN

Pemupukan pada tanaman bunga mawar juga penting untuk dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dan berbunga secara optimal. Pupuk yang diberikan adalah pupuk NPK seimbang dan pupuk kandang.

Adapun dosis dan cara aplikasi dari kedua pupuk tersebut adalah:

  • 1 genggam pupuk kandang ditaburkan di sekitar tanaman dengan interval 15 hari sekali
  • 0,5-2 sendok makan NPK tergantung besar kecilnya tanaman, cara aplikasinya adalah dengan menaburkannya di pinggir pot bagian dalam atau jangan terlalu dekat dengan pangkal tanaman karena dapat mengakibatkan tanaman terbakar, gosong dan mati.

Sebelum melakukan pemupukan terlebih dahulu lakukan penggemburan pada media tanam.

Berikan pula pupuk perangsang bunga organik dengan cara disemprotkan dengan interval 1 minggu sekali pada pagi atau sore hari agar tanaman rajin berbunga. Untuk mengetahui cara membuat pupuk perangsang bunga tersebut silakan baca  POC Perangsang Bunga dan Buah.

Related Post

Selain pupuk utama tersebut diatas, semprotkan pula larutan epsom salt atau garam inggris ke seluruh bagian tanaman agar bunga mawar yang dihasilkan memiliki tangkai yang besar dan panjang, terutama pada bunga mawar untuk dijual. Caranya larutkan 1 sendok makan garam inggris dengan 1 liter air, aduk hingga larut dan semprotkan pada tanaman tersebut dengan interval 15 hari sekali.

PENGENDALIAN OPT

OPT atau organisme pengganggu tanaman bunga mawar biasanya ada 2 yaitu jamur dan ulat. Serangan jamur ini akan menyebabkan black spot disease dengan gejala daun tanaman menguning dengan bintik-bintik hitam dan juga menyebabkan batang tanaman kehitaman yang dapat mengakibatkan kematian tanaman.

Cara pengendaliannya adalah dengan menyemprotkan pestisida, untuk mengatasi jamur dapat mengaplikasikan fungisida seperti Antracol, sedangkan untuk mengatasi ulat dapat mengaplikasikan insektisida seperti Lannate dan diaplikasikan dengan interval 1 minggu sekali.

Agar pestisida tersebut dapat memberikan manfaat optimal tambahkan pula perekat pestisida. Untuk dosisnya sesuaikan saja dengan yang tertera pada label kemasan pestisida tersebut.  

PEMANGKASAN

Lakukan pula pemangkasan atau pruning pada tanaman bunga mawar agar tanaman tumbuh optimal dan rajin berbunga.

Pemangkasan ini dilakukan pada bunga yang sudah tua dan hampir mati, pemangkasan ini dilakukan di bawah ruas batang yang berdaun 3, tujuannya agar muncul tunas baru yang dapat menghasilkan bunga.

Pemangkasan juga dilakukan pada batang/cabang tanaman serta daun yang sakit akibat serangan OPT. Batang sakit yang dipotong dibuang jauh dari lokasi penanaman  agar tidak menular pada tanaman yang lainnya.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Bunga Mawar, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit bunga mawar ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Kebun Indra Tarigan