Cara Menanam Bunga Matahari dari Biji

Bunga matahari (Helianthus annuus Linn) merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman bunga yang banyak ditanam sebagai hiasan karena memiliki buunga yang indah dengan ukuran besar, sehingga sangat cocok untuk dijadikan hiasan terutama di halaman rumah.

Tanaman bunga matahari ini tergolong tanaman yang mudah untuk ditanam menggunakan bijinya. Meskipun demikian, diperlukan teknik menanam yang tepat agar dapat tumbuh dan berbunga secara optimal.

Nah untuk mengetahui cara menanam bunga matahari dari biji, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.  

PEMILIHN BIJI

Pemilihan biji/benih ini merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam budidaya tanaman bunga matahari. Maka dari itu pilihlah benih yang berkualitas unggul, karena benih unggul ini memiliki daya tumbuh yang tinggi serta ketahanan yang baik terhadap serangan OPT atau organisme pengganggu tanaman.

Benih atau biji bunga matahari dapat diperoleh dari bunga matahari yang sudah tua dan mengering. Benih bunga matahari yang diambil dari bunga yang telah tua dan mengering di pohonnya akan lebih baik untuk ditanam daripada biji yang diambil dari bunga yang belum kering atau belum begitu tua. Setelah biji diambil dari bunga, langkah selanjutnya adalah mengeringkannya kemudian biji siap ditanam.

Namun jika Anda tidak memiliki tanaman bunga matahari untuk diambil bijinya, tidak perlu khawatir, karena biji/benih bunga matahari berkualitas saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian.

PENYEMAIAN BIJI

Sebelum ditanam, biji bunga matahari sebaiknya disemai terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar saat penanaman nantinya dapat hanya dipilih bibit yang tumbuh dengan baik saja, sehingga saat dipindah tanam pada lahan, bibit tidak stres dan dapat tumbuh optimal, di samping itu dengan proses penyemaian terlebih dahulu akan diperoleh keseragaman tanaman dan pertumbuhan tanaman yang kompak dan seragam.

Related Post

Nah untuk mendapatkan bibit yang baik maka, proses penyemaian harus dilakukan dengan baik pula.

Penyemaian biji bunga matahari dapat dilakukan pada tempat persemaian seperti polybag atau baki semai yang telah diisi media tanam yang terdiri dari campuran tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, kemudian siram dengan air secukupnya. Susun berjarak biji bunga matahari pada media semai tersebut dengan menancapkannya dan posisi lancip biji berada di bawah.

Simpan persemaian di tempat yang tidak terkena sinar matahari dan guyuran air hujan secara langsung.

Lakukan penyiraman secara rutin pada baki semai agar kondisi media semai tetap lembab untuk mempercepat pertumbuhan bibit bunga matahari.

Setelah 1 minggu dari penanaman, biji bunga matahari sudah mulai berkecambah, dan setelah berumur 30 hari sejak penanaman biji, bibit siap untuk ditanam pada media tanam sesungguhnya baik itu pada pot ataupun pada lahan langsung.

PENANAMAN BIBIT

Sebelum penanaman bibit terlebih dahulu siapkan media tanamnya, jika ditanam dalam pot media tanam yang digunakan adalah campuran dari tanah subur dan gembur, pupuk kandang/kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, campurkan dengan mengaduknya hingga merata kemudian masuk ke dalam pot. Adapun pot yang digunakan sebaiknya gunakan pot yang agak besar jangan terlalu kecil agar pertumbuhannya lebih optimal.

Setelah media tanam siap, pindahkan bibit pada media tanam dalam pot dengan cara mencabutnya secara hati-hati. Jika baki semai dalam keadaan kering, lakukan penyiraman agar tanah menjadi lunak dan saat dicabut perakaran bibit bunga matahari tidak rusak karena tertinggal di baki semai. Untuk lebih amannya, congkel bibit dengan mengikutsertakan media tanamnya. Tanam bibit dengan kedalaman kira-kira 10 cm pada media penanaman kemudian ikuti dengan penyiraman. Untuk mempertahankan kelembaban media tanam terutama pada musim kemarau, tambahkan mulsa organik seperti daun kering diatas media tanam di sekeliling  pangkal tanaman.

Demikian ulasan mengenai cara menanam bunga matahari dari biji, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih/biji bunga matahari ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com