Cara Merawat Bunga Matahari

Dalam budidaya tanaman bunga matahari, perawatan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dan berbunga dengan optimal.

Nah, apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk perawatannya? Berikut ini penjelasan mengenai cara merawat bunga matahari selengkapnya.

PEMUPUKAN

Pemupukan pada tanaman bunga matahari selain untuk mencukupi kebutuhan unsur haranya  juga  bisa membuat warna kepala bunga menjadi lebih cerah dan cemerlang.

Pada awal masa pertumbuhannya berikan pupuk dengan kandungan nitrogen tinggi,  dan setelah kuncup mulai mekar, berikan pupuk yang banyak mengandung fosfor.

Pupuk tersebut dapat diaplikasikan dengan cara dikocorkan atau dilarutkan terlebih dahulu dengan air lalu disiramkan.

Dalam pemberian pupuk ini jangan sampai berlebihan karena dapat berakibat pada pecahnya batang tanaman.

PENYINARAN

Ketika bibit mulai tumbuh, tanaman ini memerlukan sinar matahari langsung sebanyak-banyaknya agar batang menjadi besar dan kuat sehingga nantinya bisa menopang kepala bunganya yang besar. Jika telah tumbuh, bunga matahari harus mendapatkan sinar matahari langsung selama 6-8 jam dalam sehari.

Related Post

Kepala bunga matahari memiliki sifat heliotropik (Heliotropik adalah sifat bagian-bagian tumbuhan seperti bunga atau daun yang tumbuh ke arah matahari, bunga heliotropik melacak gerakan matahari dari barat ke timur) sehingga akan mengikuti jalur matahari. Apabila tidak ditempatkan di bawah paparan sinar matahari langsung, tanaman ini akan melengkung ke arah matahari, dan seiring berjalannya waktu bisa membuat batangnya rusak.

PENYIRAMAN

Bunga matahari membutuhkan air lebih banyak, maka dari itu penyiraman bunga matahari harus dilakukan lebih sering daripada tanaman lain terutama jika cuaca sedang kering dan sangat panas. Dan agar penyiraman tidak terlambat maka lakukan pemantauan media tanam setiap satu atau dua hari. Usahakan media tanam selalu dalam keadaan lembab. Dosis penyiramannya paling tidak sebanyak kira-kira 8 liter dalam seminggu.

Ketika bunga mulai muncul, penyiraman dilakukan pada area di sekitar akar dalam radius 8-10 cm di sekeliling batang tanaman.

PEMASANGAN AJIR

Ajir pada tanaman bunga mawar berfungsi untuk menopang tanaman, mengingat bunga matahari memiliki ukuran yang besar dan berat, terutama pada tanaman yang tingginya mencapai 1 meter atau lebih, agar kepala bunga tetap tegak. Sedangkan pada pada tanaman bunga matahari yang kerdil tidak membutuhkan ajir atau penopang.

Jangan menancapkan penopang di dalam pot karena selain dapat mengganggu perakaran, juga disaat bunga matahari mencapai ukuran penuh, tanaman ini bisa membuat potnya terguling.

Demikian ulasan mengenai cara merawat bunga matahari, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman bunga matahari ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.