Bunga matahari yang memiliki nama ilmiah Helianthus annuus Linn ini tergolong tanaman yang mudah untuk ditanam menggunakan bijinya.

Selain untuk penghias pekarangan atau taman, bunga matahari memiliki kandungan manfaat yang sangat mengagumkan, yaitu dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Pemilihan Benih

Sebagaimana ketika hendak membudidayakan tanaman lainnya, langkah pertama yang dilakukan untuk menanam bunga matahari menggunakan bijinya adalah dengan memilih benih yang berkualitas terlebih dahulu.

Pemilihan benih ini merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam budidaya tanaman bunga matahari.

Benih bunga matahari berkualitas saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian. Selain pemilihan benih unggul, untuk mendapatkan bibit tanaman yang bagus tentunya perlu ada teknik penyemaian yang tepat, sehingga saat dipindah tanam pada lahan, bibit tidak stres dan dapat tumbuh optimal, di samping itu dengan proses penyemaian terlebih dahulu akan diperoleh keseragaman tanaman dan pertumbuhan tanaman yang kompak dan seragam.

Maka dari itu tahapan proses penyemaian harus dilakukan dengan sebaik mungkin, adapun Cara Menyemai Benih Bunga Matahari adalah sebagai berikut :

Penyemaian benih

Penyemaian benih atau pembibitan ini dapat dilakukan dengan menyemaikan benih pada tempat persemaian seperti polybag atau baki semai yang telah diisi media tanam.

Media tanam untuk menyemai benih bunga matahari terdiri dari campuran tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1.

Siram media semai dengan air secukupnya barulah benih bunga matahari disebar merata pada media persemaian.

Simpan persemaian di tempat yang tidak terkena sinar matahari dan guyuran air hujan secara langsung.

Lakukan penyiraman secara rutin pada baki semai agar kondisi media semai tetap lembab. Kondisi ini akan membantu mempercepat pertumbuhan bibit bunga matahari.

Bibit bunga matahari hasil penyemaian biji siap untuk ditanam pada lahan penanaman, pot atau sejenisnya setelah berumur 30 hari sejak persemaian persemaian.

Penanaman Bibit

Setelah bibit siap ditanam, pindahkan bibit pada tempat penanaman baik itu di pot, polybag atau langsung di tanah. Pemindahan ini dapat membantu mempercepat pertumbuhan karena bibit bunga matahari ditanam terpisah dari bibit-bibit lainnya. Penanaman dilakukan dengan cara mencabut bibit bunga matahari dari baki semai secara hati-hati. Jika baki semai dalam keadaan kering, lakukan penyiraman agar tanah menjadi lunak dan saat dicabut perakaran bibit bunga matahari tidak rusak karena tertinggal di baki semai. Tanam bibit dengan kedalaman kira-kira 10 cm pada media penanaman.

Demikian ulasan mengenai cara menyemai benih bunga matahari, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih dan bibit bunga matahari ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : bibitbunga.com