Cara menghitung dosis atau takaran pupuk pohon durian yang berumur diatas 3 tahun dapat dihitung menggunakan rumus tertentu, adapun dosis yang akan kita hitung ini adalah dosis pupuk per pohon dalam satu tahun yang bisa dibagi dalam 3-4 kali pemberian.

Sedangkan standar pupuknya adalah NPK 15:15:15, dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik bisa menggunakan pupuk NPK 16:16:16.

Berikut ini cara menghitungnya dosis pupuk tanaman durian yang berumur diatas 3 tahun :

Sebelumnya harus diketahui diameter batang tanaman, diameter yang dihitung adalah diameter batang pada ketinggian 50 cm di atas permukaan tanah. Untuk mengetahui diameternya, terlebih dahulu ukur keliling/lingkar batang pada ketinggian 50 cm, kemudian hasilnya dimasukkan pada rumus berikut ini :

 

D (Diameter Batang) = C (lingkar batang dalam cm) / π (22/7 atau 3,14)

Setelah ditemukan diameter batang, masukkan angka tersebut ke dalam rumus berikut ini :

D ( dosis pupuk ) = (( Diameter batang dalam cm – 7 cm ) x 200 gr + 500 gr )

Keterangan :

200 gram adalah konstanta untuk kesuburan tanah yang sebenarnya angkanya antara 150-250 gr dan diambil rata-ratanya yaitu 200 gr, untuk tanah yang kurang subur bisa menggunakan angka yang lebih besar dari 200 gr.

——–

Contoh :

Diketahui keliling/lingkar batang pohon durian pada ketinggian 50 cm di atas permukaan tanah adalah 80 cm, berapa dosis pupuknya?

Cara menghitung

Diameter Batang = C (lingkar batang dalam cm)/π (3,14)

Diameter Batang = 80 cm / 3,14 = 25,47 cm

Kemudian masukkan diameter batang pada rumus :

D ( dosis pupuk ) = (( Diameter batang dalam cm – 7 cm ) x 200 gr + 500 gr )

D ( dosis pupuk ) = (( 25,47 cm – 7 cm ) x 200 gr + 500 gr )

                                = ( 18,47 cm x 200 gram + 500 gram )

                                = 4194 gram = 4,194 kg

Jadi dosis pupuk dari pohon durian dengan lingkar batang 80 cm untuk pemupukan satu tahun adalah 4,194 kg.

Perlu diingat bahwa dosis yang kita hitung ini adalah dosis pupuk per pohon dalam satu tahun yang bisa dibagi dalam 3-4 kali pemberian.

——-

Untuk pertumbuhan tanaman yang lebih maksimal bisa ditambahkan pupuk yang mengandung kalsium dan boron sebanyak 25% dari pupuk NPK.

Untuk cara aplikasinya dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu :

  1. Buat alur menggunakan cangkul di bawah garis tetes melingkar sedalam 10-15 cm, akan tetapi dalam pembuatan alur harus hati-hati dan jangan sampai mengenai akar, taburkan pupuk ke dalam alur dan tutup dengan tanah atau pupuk organik.
  2. Taburkan pupuk di bawah kanopi pohon secara merata lalu tutup tipis-tipis dengan tanah atau pupuk organik.
  3. Dilakukan dengan cara menugal atau membuat lubang di bawah garis tetes sedalam 20 cm sebanyak 8 lubang, lalu masukkan pupuk ke dalam lubang dan kemudian ditutup menggunakan tanah atau pupuk organik.

Demikian ulasan mengenai cara menghitung dosis pupuk tanaman durian yang berumur diatas 3 tahun beserta jenis pupuk dan cara pengaplikasiannya, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit durian, pupuk, maupun perlengkapan pertanian  lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Kebun Dumont