Kutu putih atau kutu kebul yang menyerang tanaman dapat berakibat cukup fatal yaitu  penanganannya harus dilakukan sejak dini.

Kerusakan pada tanaman yang disebabkan kutu putih ini yaitu menyebabkan dedaunan rusak dan berguguran dikarenakan adanya virus mosaik kuning atau virus gemini yang menular dan merusak dedaunan, memakan nutrisi berupa cairan dan getah pada tanaman, menghasilkan zat lengket atau sekresi yang biasa dikenal dengan embun madu yang akan memicu tumbuhnya jamur jelaga yang mengurangi kemampuan tanaman untuk menyerap cahaya matahari, merubah struktur pada tanaman.

Cara kutu putih menyerang tanaman adalah dengan menghisap cairan pada bagian daun dan pucuk tanaman yang dapat berakibat daun mengkerut dan pucuk tanaman menjadi kerdil. Selain itu kutu putih memiliki kemampuan terbang yang memudahkannya untuk berpindah dari satu tanaman ke tanaman lain dengan sangat cepat. Kutu putih juga dapat mengeluarkan embun yang dapat mengundang datangnya semut. Selain menyerang pada bagian daun dan batang tanaman, kutu putih juga menyerang pada bagian buah sehingga menurunkan hasil produksi panen. Dalam kondisi yang optimal, satu betina akan menghasilkan 200-600 keturunan, dimana semua keturunannya adalah betina.

Kutu putih juga dikenal dengan kutu kebul yang merupakan hama yang sangat berbahaya bagi tanaman. Kutu putih biasanya ditemukan pada bagian bawah daun, menghisap getah dari tanaman yang ia tinggali.

Cara Mengatasi Kutu Putih Pada Tanaman dapat dilakukan dengan cara dan bahan yang sangat sederhana yang dapat dengan mudah kita dapatkan dan dengan harga yang murah tentunya. Apa saja bahan-bahannya dan bagaimana cara aplikasinya? Mari simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • Deterjen segala merek
  • Garam inggris/epsom salt, jika tidak ada bisa menggunakan penyedap rasa/micin/MSG .
  • Air bersih
  • Sprayer

TAHAP PEMBUATAN DAN CARA APLIKASINYA

Untuk mengendalikan hama kutu putih, bahan yang digunakan adalah deterjen, sedangkan garam inggris atau micin digunakan untuk pemulihan tanaman yang rusak akibat hama kutu putih.

Larutkan setengah sendok makan deterjen ke dalam 2 liter air bersih, aduk hingga larut merata dan masukkan ke dalam sprayer.

Semprotkan merata ke seluruh bagian tanaman terutama bagian yang terserang hama kutu putih tersebut. Selain untuk mengatasi kutu putih larutan pestisida dari deterjen ini juga mampu untuk mengendalikan ulat yang menyerang tanaman.

Setelah penyemprotan, tunggu hingga 20-30 menit atau jika terlihat hama sudah mati untuk kemudian dilakukan pembilasan. Pembilasan ini dilakukan untuk membilas atau membersihkan sisa pestisida deterjen dari tanaman yang telah disemprot sebelumnya, caranya adalah dengan menyemprot ulang pada tanaman menggunakan air bersih secara merata, agar sisa pestisida tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Tahapan selanjutnya adalah melakukan pemulihan pada tanaman yangmana tanaman tersebut telah rusak diakibatkan serangan hama kutu putih.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, untuk pemulihan tanaman dapat digunakan garam inggris atau micin/MSG.

Garam inggris ini memiliki kandungan yang sangat baik digunakan untuk tanaman dan cocok diaplikasikan dalam bidang pertanian, karena mengandung unsur magnesium dan sulfur yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Diantara manfaat garam inggris untuk tanaman adalah untuk pertumbuhan bibit atau membantu proses kecambah, meningkatkan penyerapan nutrisi, meningkatkan produksi, membantu adaptasi pindah tanaman, membuat daun lebih hijau, mencegah keriting pada daun, menjaga tanaman dari hama, baik untuk bunga mawar dan tanaman bunga lainnya, meningkatkan tingkat klorofil serta membantu membunuh gulma tanaman.

Sedangkan micin memiliki kandungan utama berupa natrium benzoat. Menurut penelitian, unsur natrium ternyata memiliki fungsi sebagai alternatif kalium bagi tanaman, dengan kata lain fungsi natrium hampir sama dengan kalium (K). Dimana kalium tersebut merupakan salah satu unsur hara makro yang berperan penting dalam menunjang pertumbuhan tanaman.

Selain itu kalium diketahui memiliki manfaat untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap peyakit, mengatur pembukaan dan penutupan stomata, meningkatkan fotosintesis dan metabolisme tanaman. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan tanaman secara langsung. Oleh karena itu dengan memberikan micin pada tanaman, maka tanaman akan menjadi subur.

Cara aplikasi garam inggris atau micin adalah dengan melarutkannya ke dalam air dengan dosis ½ sendok makan per 2 liter air untuk disemprotkan ke seluruh bagian tanaman.

Pengendalian hama kutu putih ini sebaiknya dilakukan pada sore hari.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Kutu Putih Pada Tanaman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pestisida, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Bertani Buah