Daun tanaman durian yang menguning disebabkan oleh beberapa hal diantaranya disebabkan oleh kekurangan nutrisi atau disebabkan oleh berbagai penyakit.

Adapun kuning daun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah kuning daun pada pucuk/daun muda pada tanaman durian  sementara daun-daun yang tua masih hijau gelap.

Penyebab kuning daun pada pucuk/daun muda pada tanaman durian disebabkan oleh kekurangan unsur hara sulfur, meskipun unsur hara sulfur merupakan unsur hara mikro, akan tetapi kebutuhannya sangat esensial bagi tanaman durian. Gejala kuning ujung daun ini biasanya akan sering muncul pada saat tanaman memasuki saat berbuah.

Pada saat berbuah tanaman akan membutuhkan banyak unsur sulfur yang cukup tinggi, karena unsur sulfur diserap tanaman menuju buah, untuk menambah rasa buah durian dan juga untuk membantu pembesaran buah. Sehingga ketika suplai sulfur berkurang maka berakibat daun  muda menjadi kuning pada bagian pucuk tanaman.

Akan tetapi gejalanya akan lain jika kekurangan unsur nitrogen, yaitu daun yang menguning adalah daun yang tua sedangkan daun muda masih tetap hijau.

Jika tanaman kekurangan kalsium gejalanya ditandai dengan ujung tanaman berhenti pertumbuhannya akan tetapi tidak kering.

Jika terkena busuk akar gejalanya ditandai dengan pucuk daun yang mengering.

Tanaman durian yang kekurangan unsur hara sulfur jika tidak segera ditangani maka daun muda yang menguning akan semakin menguning dan akhirnya rontok.

Selain daun ujung menguning dan rontok, buah yang dihasilkan akan memiliki rasa yang kurang enak.

Oleh karena itu jika tanaman durian mengalami gejala tersebut diatas, maka harus segera dilakukan pemupukan susulan yang khusus untuk menambah unsur hara sulfur.

Unsur hara sulfur ini biasanya ditemukan pada pupuk ZA, akan tetapi dalam pemilihan pupuk ZA pilihlah pupuk ZA yang tidak terdapat kandungan nitrogen tinggi di dalamnya karena tanaman yang sedang berbuah jika diberikan pupuk nitrogen akan menyebabkan gugurnya buah, karena kandungan N yang tinggi akan menyebabkan tumbuhnya tunas-tunas pada tanaman sedangkan pertumbuhan tunas akan menstimulir tanaman untuk memacu pertumbuhan di pucuk sehingga buahnya menjadi rontok.

Oleh sebab itu gunkanlah pupuk dengan kandungan sulfur tanpa kandungan  N atau kandungan N nya rendah dan sekarang telah banyak tersedia di pasaran.

Pemberian tambahan pupuk sulfur tersebut dilakukan 1 minggu sekali secara teratur sejak diketahui terdapat gejala kuning dengan cara ditebar langsung di sekitar pohon/ di bawah kanopi secara merata kemudian disiram agar pupuk segera larut kedalam tanah. Adapun dosisnya untuk tanaman berumur 7 tahun sekitar 1 kg/pohon/minggu, sedangkan untuk tanaman yang lebih kecil bisa dikurangi dan untuk tanaman yang lebih besar bisa ditambah.

Untuk pemulihan tanaman setelah pemupukan tergantung kondisi tanaman, tanaman yang berbuah banyak pemulihannya akan lebih lama sedangkan tanaman yang masih kecil akan lebih cepat pulih.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi daun pucuk tanaman durian menguning yang bisa anda praktekkan, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit durian, pupuk, maupun perlengkapan pertanian  lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Kebun Dumont